alexametrics

Microsoft Kenalkan Windows 11 SE, Ini Bedanya dengan Windows 11 Biasa

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Microsoft Kenalkan Windows 11 SE, Ini Bedanya dengan Windows 11 Biasa
Ilustrasi Windows 11 SE pada sebuah laptop. [Dok Windows]

Windows 11 SE disebut sebagai pesaing dari sistem operasi Chrome OS buatan Google.

Suara.com - Microsoft resmi memperkenalkan Windows 11 SE, sistem operasi yang ditujukan untuk pelajar sekolah. Ini juga disebut sebagai pesaing dari sistem operasi Chrome OS buatan Google.

"Windows 11 SE dibuat untuk guru yang membutuhkan kemudahan dan tanpa gangguan bagi siswa mereka. Ini juga ditujukan untuk admin IT di sekolah yang membutuhkan perangkat aman, mudah digunakan dan dikelola, serta memiliki performa baik," ujar Microsoft dalam situs resminya.

Windows 11 SE memiliki beberapa perbedaan dari Windows 11 versi biasa. Ada beberapa fitur Windows 11 yang dihapus di Windows 11 SE untuk memberikan pengalaman lebih baik dan tanpa gangguan.

Berikut perbedaan Windows 11 SE dan Windows 11:

Baca Juga: Raditya Dika Ungkap Fitur Paling Disuka di Windows 11

  1. Windows 11 SE hadir dengan semua aplikasi utama Microsoft 365 yang sudah diinstal sebelumnya.
  2. Aplikasi yang dibuka selalu tampil dalam mode layar penuh.
  3. Windows 11 SE membawa Snap Layouts single mode, lebih sederhana dari multiple mode.
  4. Widget Windows 11 dihapus di Windows SE karena dianggap terlalu mengganggu.
  5. Microsoft Edge di Windows 11 SE dikonfigurasikan untuk menerima ekstensi Chrome. Fitur ini tidak diaktifkan default (bawaan) di Windows 11 biasa.
  6. Windows 11 SE mencadangkan dokumen ke OneDrive secara default.
  7. Windows 11 SE memiliki wallpaper bawaan warna-warni.

Meski lebih sederhana, Windows 11 SE masih mendukung aplikasi pihak ketiga di luar Microsoft seperti Zoom dan Chrome. Itu memberikan pilihan lebih banyak ke sekolah untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Admin IT sekolah amat berperan sebagai pengelola Windows 11 SE. Mereka bertanggung jawab atas aplikasi apa saja yang diinstal di sistem operasi tersebut.

Dikutip dari Pocket Link, Kamis (11/11/2021), Microsoft juga menggabungkan aplikasi bawaan seperti OneNote, Minecraft for Education, dan Flipgrid. Sehingga admin IT tak perlu menginstalnya secara terpisah.

Para pelajar cukup membuka laptop Windows 11 SE, login, dan langsung mendapatkan akses ke aplikasi yang disetujui dan dokumen yang tersimpan di cloud.

Windows 11 SE ditujukan pertama kali ke Microsoft Surface Laptop SE. Sistem operasi ini juga akan digulirkan ke merek lain seperti Acer, Asus, Dell, Dynabook, Fujitsu, HP, JK-IP, Lenovo, dan Positivo.

Baca Juga: Windows 11 Sebulan di Indonesia, Ini Fitur Unggulannya

Laptop dengan Windows 11 SE direncanakan tiba pada akhir tahun ini atau awal 2022. Sementara Microsoft Surface SE diluncurkan pada awal 2022.

Komentar