alexametrics

Fungsi Alveolus, Kantong Udara di Paru-Paru Tempat Bertukarnya Oksigen

Rifan Aditya
Fungsi Alveolus, Kantong Udara di Paru-Paru Tempat Bertukarnya Oksigen
Fungsi Alveolus, Kantong Udara yang Penting di Paru-Paru - Paru-paru. (Shutterstock)

Alveolus memiliki fungsi sebagai tempat bertukarnya oksigen dan karbon dioksida. Selain itu, masih ada fungsi alveolus lainnya yang perlu kalian ketahui.

Suara.com - Alveolus adalah salah satu bagian penting bagi pernapasan manusia yang ada pada paru-paru. Lalu apa fungsi alveolus itu?

Alveolus memiliki fungsi sebagai tempat bertukarnya oksigen dan karbon dioksida. Selain itu, masih ada fungsi alveolus lainnya yang perlu kalian ketahui. Bentuk alveolus yang berupa kantong kecil membuatnya mirip seperti buah anggur.

Letak alveolus berada di ujung bronkiolus pada paru-paru. Meski memiliki bentuk yang sangat kecil, alveolus ini memiliki jumlah kantong sebanyak 480 juta. Ketika seseorang menghidup udara maka kantong tersebut akan mengembang dan sebaliknya jika menghembuskan nafas maka kantong akan mengempis. 

Fungsi Alveolus dalam Tubuh Manusia

Baca Juga: Ngeri, 80 Persen Penyebab Kanker Paru Akibat Kebiasaan Merokok!

Meskipun alveolus memiliki ukuran yang sangat kecil, alveolus memiliki beberapa fungsi yang menunjang kehidupan manusia. Simak ulasan beberapa fungsi alveolus berikut ini.

1.     Tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida

Kantong kecil yang ada para paru-paru ini menjadi pusat pertukaran oksigen dengan karbon dioksida. Dari alveoulis, oksigen akan mengalir ke seluruh tubuh melalui darah dan karbon dioksida akan keluar melalui nafas yang dihembuskan keluar.

Setiap menitnya, alveolus mampu mengambil sekitar 5-8 liter udara. Saat kondisi istirahat, alveolus mampu mengirimkan sekitar 0,3 liter oksigen ke darah dalam setiap menitnya. Jika ada kantong alveolus yang bermasalah maka proses pernapasan juga akan terganggu. 

2.     Sebagai bentuk pertahanan pada saluran pernapasan

Baca Juga: Tahu Fungsi Alveolus adalah Hal Penting, Yuk Simak Jabarannya di Sini!

Alveolus memiliki ukuran yang kecil yang dapat menyaring partikel kecil seperti asap rokok. Asap rokok memiliki diameter 0,3 mikrometer yang tidak dapat mengendap dalam saluran pernapasan sebelum alveolus.

Komentar