facebook

Literasi Digital Diperlukan Agar Manfaat Internet Bisa Dinikmati Optimal

Liberty Jemadu
Literasi Digital Diperlukan Agar Manfaat Internet Bisa Dinikmati Optimal
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

Masyarakat harus berperan aktif sehingga nantinya literasi digital Indonesia bisa mencapai status baik.

Suara.com - Direktur Jendral Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani Pangerapan menyebutkan masyarakat Indonesia membutuhkan literasi digital yang benar guna memahami ruang digital dan mengoptimalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Literasi itu perlu digalakkan lebih banyak lagi dengan masyarakat yang berperan aktif sehingga nantinya literasi digital Indonesia bisa mencapai status baik.

“Tugas saat ini adalah bagaimana kita membekali masyarakat kita supaya mereka tahu cara kerja internet, yaitu memasukkan internet sebagai ruang digital yang menjadi bagian dari realita kita,” kata Semuel dalam acara peluncuran survei indeks literasi digital yang digelar Kominfo, Kamis (20/1/2022).

Akibat pandemi, hampir seluruh kegiatan masyarakat dipindahkan ke ruang digital. Masyarakat pun yang tadinya tak terbiasa memanfaatkan ruang digital, cukup banyak yang tergagap akan hal itu.

Baca Juga: Metaverse dan Web 3.0 Akan Dikenalkan di Program Nasional Literasi Digital

Untuk itu di 2021, Kementerian Kominfo mencanangkan percepatan transformasi digital dan memasukan Gerakan Literasi Digital Nasional sebagai cara membekali masyarakat dengan keterampilan yang tepat dan benar saat menggunakan ruang digital.

Ada pun empat hal yang diajarkan dalam gerakan itu ialah budaya digital, kecakapan digital, etika digital, dan keamanan digital.

“Ini bekal untuk masyarakat agar bisa mengetahui betul ruang digital, kan sama saja kita waktu masih kecil diajarkan tentang ruang fisik oleh orang tua, sekolah, dan lingkungan,” kata Semuel.

Dengan berjalannya program Gerakan Literasi Digital Nasional diperlukan juga evaluasi berupa pengukuran indeks Literasi Digital. Tujuannya agar pemerintah bisa mengetahui hal yang perlu diperbaiki dan mendorong masyarakat untuk berperan aktif membenahi kekurangan itu.

“Memasuki tahun yang baru ini kami sangat berharap program nasional literasi digital dapat terus terlaksana dengan baik dan dapat semakin besar dan dampaknya serta mendapatkan dukungan dan antusiasme yang besar dari seluruh lapisan masyarakat,” tutup Semuel. [Antara]

Baca Juga: Literasi Digital Prioritas Utama Kominfo untuk Sukseskan Presidensi G20

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar