facebook

Uni Eropa Sepakat Seragamkan Charger, Apple Bakal Hijrah ke USB C?

Liberty Jemadu
Uni Eropa Sepakat Seragamkan Charger, Apple Bakal Hijrah ke USB C?
Mulai 2024 semua ponsel, tablet dan kamera di Uni Eropa harus menggunakan USB C. Foto: Ilustrasi USB Type C. [Shutterstock]

Mulai 2024 charger untuk ponsel, tablet dan kamera di Uni Eropa harus menggunakan USB C.

Suara.com - Uni Eropa pada Selasa (7/6/2022) sepakat untuk menerapkan kebijakan charger tunggal untuk menyeragamkan charger untuk semua perangkat elektronik - mulai dari ponsel, tablet hingga kamera.

Kebijakan ini diyakini akan memaksa Apple untuk ikut menggunakan USB C, konektor pengisi baterai yang banyak digunakan oleh ponsel Android. Apple memang menggunakan kabel Lightning untuk mengisi baterai, sementara ponsel-ponsel Android banyak menggunakan USB C.

"Mulai musim gugur 2024, USB Type-C akan menjadi charger untuk semua ponsel, tablet dan kamera di Uni Eropa," demikian diumumkan Parlemen Eropa seperti dilansir dari Reuters.

Eropa yakin kebijakan ini akan lebih memudahkan pelanggan, meminimalisir sampah elektronik, dan membuat konsumen lebih hemat. Di sisi lain produsen ponsel juga kini mulai menjual ponsel tanpa perangkat charger, dengan alasan lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: Eropa Bisa Paksa Apple Ganti Kabel Lightning ke USB-C di iPhone Terbaru

Uni Eropa yakin bahwa aturan baru tersebut akan menghemat hingga 250 juta euro. Selain itu kebijakan ini juga akan mendorong pengembangan teknologi baru, seperti pengisian baterai nirkabel.

Apple sendiri belum menanggapi regulasi baru di Eropa tersebut. Meski demikian beberapa laporan menyebutkan bahwa raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut sedang mengembangkan charger USB C.

Komentar