facebook

8 Fakta-fakta Planet Jupiter, Planet Terbesar dan Tercepat di Tata Surya Tampak di Konjungsi Planet

Rifan Aditya
8 Fakta-fakta Planet Jupiter, Planet Terbesar dan Tercepat di Tata Surya Tampak di Konjungsi Planet
fakta-fakta planet Jupiter - Ilustrasi planet Jupiter (Photo by NASA on Unsplash)

Sudah tahu fakta-fakta planet Jupiter? Simak 8 diantaranya di sini!

Suara.com - Salah satu planet yang turut dalam fenomena konjungsi planet yang terjadi belakangan ini adalah Jupiter. Sebagai salah satu planet berukuran raksasa di Tata Surya, agaknya menarik jika dibahas fakta-fakta planet Jupiter dari berbagai sisi.

Berikut fakta-fakta planet Jupiter yang menarik untuk diketahui.

1. Jelas, Planet Terbesar

Di sistem Tata Surya saat ini, Jupiter merupakan planet terbesar yang ada. Dengan diameter 142.984 km, planet ini 10 kali lebih besar daripada Bumi yang dihuni manusia saat ini. Meski demikian, diameter ini tetap 10 kali lebih kecil daripada Matahari.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Konjungsi Planet, Fenomena Astronomis yang Melibatkan Banyak Planet

2. Badai Besar secara Konstan

Hal ini disebabkan oleh susunan kristal amonia dan amonium hidrosulfida yang berbeda di bagian langitnya. Perbedaan ekstrim ini terbagi dalam beberapa lapisan, sehingga saat berinteraksi menimbulkan badai secara konstan. Badai ini bisa berkecepatan 360 km/jam.

3. Salah Satu Planet dengan Cincin

Jupiter juga memiliki cincin, satu dari beberapa planet bercincin lainnya. Cincin dari Jupiter tersusun dari material debu, sehingga tipis dan tidak begitu tampak jika diamati dengan mata telanjang.

4. Rotasi Tercepat

Baca Juga: Fenomena 5 Planet Sejajar Sampai Kapan? Cek Jadwalnya Tak Perlu Tunggu 18 Tahun Lagi

Selain menyandang gelar sebagai planet terbesar, Jupiter juga menjadi planet dengan rotasi paling cepat. Jika Bumi memiliki kecepatan rotasi 965 km/jam, Jupiter memiliki kecepatan rotasi sebesar 45.300 km/jam.

Komentar