Alexa

Awas! Santap Lima Makanan Ini saat Hamil Bisa Sebabkan Keguguran

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Ilustrasi diet untuk ibu hamil. (Shutterstock)
Ilustrasi diet untuk ibu hamil. (Shutterstock)

Mengapa ada beberapa makanan tertentu yang bisa menyebabkan keguguran bila disantap saat hamil?

Suara.com - Kehamilan adalah salah satu tahapan paling indah yang terjadi dalam kehidupan seorang perempuan. Tidak hanya perubahan tubuh yang dirasakan selama kehamilan, perempuan juga mengalami perubahan dalam cara berpikir.

Untuk mengimbangi semua perubahan ini, perempuan harus sangat berhati-hati dalam mengonsumsi makanan yang dikonsumsinya selama kehamilan. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan:

1. Telur mentah
Ibu hamil sebaiknya menghindari makanan mentah, seperti telur setengah matang atau mayonnaise buatan sendiri. Bakteri yang biasa hinggap pada makanan mentah dapat menginfeksi janin sehingga menimbulkan gangguan kesehatan baru.

2. Paha ayam
Paha adalah makanan yang paling berbahaya untuk dikonsumsi, karena dapat menyebabkan keguguran pada awal kehamilan. Pasalnya, paha ayam mengandung alpha sitosterol yang mengganggu keseimbangan hormon estrogen dalam tubuh bumil.

3. Lidah buaya
Bumil juga disarankan untuk menghindari minuman atau makanan apapun yang mengandung lidah buaya. Penyebabnya, lidah buaya ditengarai dapat menyebabkan perdarahan yang berujung pada keguguran.

4. Pepaya
Buah-buahan memang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kandungan vitamin, mineral dan air dalam buah dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi bumil. Tapi tahukah Anda bahwa konsumsi pepaya selama kehamilan dapat memicu kontraksi rahim yang dapat memicu keguguran.

5. Nanas
Jangan mengonsumsi buah ini selama tiga bulan pertama kehamilan. Buah nanas mengandung bromelain yang dapat memicu keguguran, karena kontraksi berlebihan pada otot rahim. Sebaiknya pilih buah lain yang juga memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.

loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Perjuangan penduduk Kota Bandung demi melindungi kotanya tak sia-sia #Todayinhistory
.
.
#sejarahhariini #sejarahdunia #sejarahindonesia #sejarah #bandunglautanapi #puluhanpenduduk #pengorbanan #instagram #Bandung #suaradotcom