Pertama Berumah Tangga, Masukkan Kebutuhan Ini sebagai Prioritas

Angelina Donna

Hal pertama yang perlu Anda prioritaskan bersama pasangan adalah tempat tinggal atau rumah

Suara.com - Setelah menikah, tentu saja banyak hal yang harus mulai dipikirkan bersama pasangan. Salah satu hal yang paling penting adalah mengenai keuangan rumah tangga. Setelah menikah, tentu saja kondisi keuangan Anda akan berbeda dari sebelum Anda menikah. Terlebih bagi pasangan muda yang baru menikah, penting untuk mengelola keuangan dengan baik.

Jika tidak, akan menyebabkan pengeluaran dan pemasukan tidak beraturan yang mana akan berujung pada pemborosan. Tentu saja jika hal ini dibiarkan terus-menerus, akan membuat kestabilan ekonomi terganggu. Untuk itu, bagi pasangan yang baru menikah dan saat ini menjalani hari-hari pertama berumah tanggan, berikut ini prioritas keuangan yang perlu diperhatikan.

1. Kepemilikan Tempat Tinggal
Hal pertama yang perlu Anda prioritaskan bersama pasangan adalah tempat tinggal atau rumah. Sebisa mungkin berusahalah untuk tinggal sendiri, tidak bersama dengan orang tua ataupun mertua. Anda bisa mencari rumah yang dapat Anda tinggali yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi finansial.

Bila belum memiliki dana untuk membeli rumah, Anda bisa mencoba untuk kos, kontrak, ataupun sewa rumah/apartemen. Sampai nanti ketika dana sudah terkumpul, barulah Anda bisa mencoba membeli rumah melalui program KPR. Setelah itu, barulah Anda menabung untuk biaya pembelian perabotan serta perlengkapan rumah. Mulai dari kasur, lemari, tv, mesin cuci, meja makan, kompor, hingga lainnya.

2. Tabungan Pendidikan Anak
Setelah itu, Anda bisa mulai memikirkan mengenai tabungan untuk pendidikan anak di masa depan. Biaya pendidikan semakin meningkat setiap tahunnya sehingga penting untuk mempersiapkan sedari dini agar anak bisa mendapatkan pendidikan yang layak nantinya. Pos dana yang satu ini tentu akan membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memiliki asuransi pendidikan untuk anak-anak. Jika tidak, Anda bisa menggunakan tabungan rencana ataupun tahapan berjangka sebagai solusi alternatif. Selain itu, gunakan sistem autodebet sehingga setiap bulannya dana rekening Anda akan terpotong otomatis sesuai nilai nominal yang ditabungkan.

3. Asuransi Kesehatan
Jangan lupa untuk menginvestasikan pemasukan untuk kesehatan Anda. Tidak ada yang pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Karena itu, persiapkan sedari dini untuk menghindari terjadinya risiko-risiko yang tidak diinginkan termasuk dalam hal kesehatan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memiliki asuransi kesehatan.

Ketika Anda atau pasangan tiba-tiba jatuh sakit dan membutuhkan perawatan medis, kesehatan Anda akan dijamin langsung oleh pihak asuransi. Ada beberapa produk asuransi yang dapat dipilih dengan beragam nilai premi. Anda bisa memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan dengan nilai premi yang sesuai kondisi finansial.

4. Rencana Masa Tua
Meskipun masih muda, Anda dan pasangan juga perlu memikirkan mengenai masa tua ke depannya. Semakin dini mempersiapkan tabungan, semakin menjamin masa depan bersama pasangan. Anda bisa mencoba untuk menaruh simpanan ke dalam deposito sehingga dana tersebut akan terus menerus bertambah namun tidak akan terpakai untuk hal lainnya. Anda juga bisa mencoba berinvestasi agar dapat menambah tabungan masa pensiun. Banyak investasi yang dapat dilakukan. Mulai dari investasi emas, reksa dana, hingga menggunakannya sebagai modal bisnis.

5. Kendaraan
Kendaraan ini dapat menjadi kebutuhan bagi keluarga nantinya. Misalnya, mobil yang dapat digunakan sebagai transportasi keluarga yang menunjang kegiatan sehari-hari. Namun, tentu saja belilah mobil yang memang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan Anda. Tidak masalah kalau mobil tersebut merupakan mobil bekas sekalipun masih bagus digunakan.

6. Kebahagiaan Orang Tua
Meskipun sudah menikah, jangan lupa untuk menyisihkan pendapatan untuk orang tua. Anda bisa memberinya secara rutin per jangka waktu yang ditentukan ataupun membelikan sesuatu yang membahagiakan orang tua.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Sisihkan Rp5.000 Tiap Hari Bisa Buat Senang-Senang, Bagaimana Bisa?

Setelah Menikah Tidak Bekerja: Wanita Harus Tahu Soal Pajak ini!

Liburan ke Singapura Jadi Liburan Hemat dan Murah dengan Tips Berikut

Published by
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS