alexametrics

Perdana, Bandara APT Pranoto Layani Rute Jakarta - Samarinda

Iwan Supriyatna
Perdana, Bandara APT Pranoto Layani Rute Jakarta - Samarinda
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (25/10/2018). (Dok. Biro Pers Setpres/Laily Rachev)

Maskapai nasional mulai melakukan penerbangan dari dan ke Bandara APT Pranoto.

Suara.com - Kurang dari sebulan pasca diresmikan oleh Presiden Jokowi, Bandara Aji Pengeran Tumenggung (APT) Pranoto di Samarinda akan layani 4 rute baru.

Setelah diresmikan oleh Presiden pada 25 Oktober 2018 lalu, maskapai nasional mulai melakukan penerbangan dari dan ke Bandara APT Pranoto.

Garuda Indonesia yang melayani rute baru Jakarta - Samarinda - Jakarta telah melakukan penerbangan perdananya.

Penerbangan perdana pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 580 yang terbang dari Jakarta pada 06.25 WIB, mendarat di Samarinda pada 09.20 WITA.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana Banguningsih Pramesti menuturkan, bahwa Bandara APT Pranoto adalah bandara pengganti Bandara Temindung yang sudah tidak bisa dikembangkan lagi, runwaynya sangat terbatas, hanya berukuran 1.040m x 23m, berada di lokasi padat pemukiman sehingga keselamatan dan keamanan penerbangan sangat rawan.

Selain itu bandara tersebut selalu menjadi langganan banjir ketika musim hujan tiba.

“Bandara APT Pranoto hadir untuk melayani kebutuhan transportasi udara masyarakat Samarinda dan sekitarnya, serta mempercepat perkembangan dan pemerataan ekonomi di wilayah Kalimantan Timur. Dengan adanya penerbangan langsung dari sini, memangkas waktu perjalanan 2 sampai 3 jam dibandingkan bila harus terbang dari Balikpapan," jelas Polana.

Kepala Bandara APT Pranoto Samarinda Dodi Dharma Cahyadi menjelaskan bahwa maskapai Garuda Indonesia yang melayani rute Jakarta - Samarinda dijadwalkan beroperasi setiap hari menggunakan armada Boeing 737-800 dengan kapasitas 162 penumpang.

Pada penerbangan perdana ini, Garuda GA 580 mengangkut total penumpang 126 orang, sedangkan kembalinya ke Jakarta pada pukul 11.30 WITA dengan GA 582 membawa 161 penumpang.

“Di kedua penerbangan tersebut hampir terisi semua kursi. Mudah-mudahan ini terus berlanjut dan bisa menarik bagi maskapai lainnya melayani rute ini,” ujarnya.