Jakarta - Surabaya Tersambung Tol, Jokowi: Setelah Itu Banyuwangi

Iwan Supriyatna | Dwi Bowo Raharjo
Jakarta - Surabaya Tersambung Tol, Jokowi: Setelah Itu Banyuwangi
Tol Solo - Ngawi (Foto: Dokumen PT Jasa Marga (Persero) Tbk)

"Merak sampai Banyuwangi 2019 kita harapkan selesai,"

Suara.com - Jalan Tol Jakarta - Surabaya ditargetkan tersambung dan beroperasi pada akhir Desember 2018. Ini disampaikan Presiden Joko Widodo setelah meresmikan Jalan Tol Solo - Ngawi di rest area Sragen atau KM 538 B, Jawa Tengah, Rabu (28/11/2018).

Jokowi menuturkan, setelah Tol Jakarta - Surabaya tersambung akhir Desember 2018, tahap berikutnya sampai ke Banyuwangi.

"Terus setelah itu ya ke Timur lagi sampai Banyuwangi, kita harapkan 2019 rampung juga semua. Sehingga Merak sampai Banyuwangi 2019 kita harapkan selesai," ujar Jokowi.

Meski Jalan Tol dari Jakarta ke Surabaya akan tersambung dalam waktu dekat, yang paling penting bagi Jokowi adalah, setiap daerah bisa memanfaatkan jalan tol dalam rangka industrialisasi dan pengembangan wisata.

"Tadi Pak Bupati Ngawi menyampaikan bahwa investasi mulai masuk ke Kabupaten Ngawi untuk membangun kawasan industri besar karena lahan lebih murah, UMK juga kompetitif. Saya kira itu dilihat oleh para investor," kata Jokowi.

"Hal-hal seperti ini yang mulai harus diintegrasikan dengan adanya jalan tol ini," lanjut Jokowi.

Jalan Tol Solo - Ngawi memiliki panjang sekitar 51 kilometer. Untuk keseluruhan Jalan Tol Trans Jawa dari Merak - Surabaya sekitar 870 kilometer.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS