Tak Hanya Cari Untung, Menkeu Jamin BLU Jadi Pelayan Masyarakat

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Tak Hanya Cari Untung, Menkeu Jamin BLU Jadi Pelayan Masyarakat
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Suara.com/Achmad Fauzi)

BLU tidak mengejar keuntungan, tetapi hanya untuk memberikan pelayanan ke masyarakat.

Suara.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjamin masyarakat akan terlayani dengan adanya Badan Layanan Umum (BLU). Pasalnya, BLU tidak mengejar keuntungan, tetapi hanya untuk memberikan pelayanan ke masyarakat.

Untuk diketahui, BLU merupakan suatu instansi yang dimiliki pemerintah yang berfungsi melayani masyarakat sama halnya seperti Rumah Sakit Negeri, Perguruan Tinggi Negeri, hingga Bandara.

"BLU bukan entitias mencari keuntungan meski pendapatan kita di 2018 BLU mencapai 128 persen dari targetnya. Walaupun dapat, itu tidak berarti BLU kejar-kejaran cari keuntungan karena BLU didesain untuk pelayanan," katanya di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (26/2/2019).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menuturkan, BLU harus memiliki kriteria antara korporasi dan entrepreneurial. Artinya, BLU ‎tetap mencari pendapatan, tetapi harus melayani masyarakat dengan pelayanan yang tinggi.

"Jadi tingkah lakunya seperti korporat tetapi tujuan utama sebesar-besarnya adalah melayani masyarakat," terang dia.

Wanita yang akrab disapa Ani ini menambahkan, BLU-BLU juga bisa kolaborasi antar kementerian. Misalnya, saat ini ada pengembangan kolaborasi antara BLU telekomunikasi dengan BLU kesehatan, yang disebut Telemedicine.

Dengan kolaborasi tersebut, para dokter bisa saling berkomunikasi dengan dokter lainnya lewat telekomunikasi untuk mencari tahu pengo‎batan yang sesuai bagi pasien. Sehingga, dokter tidak salah melayani para pasiennya.

"Nanti BLU bagaimana buat satu sistem tata kelola yang berdasarkan digital, sehingga menteri teknis bisa mendapatkan data yang setiap waktu. Sehingga ada masalah BLU tak perlu nunggu akhir tahun. Ada manajemen yang sifatnya tepat waktu dan tepat fasilitas," pungkas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS