Prediksi BI: Digitalisasi Ekonomi Bakal Serap 3,7 Juta Tenaga Kerja

Iwan Supriyatna
Prediksi BI: Digitalisasi Ekonomi Bakal Serap 3,7 Juta Tenaga Kerja
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara. (Suara.com/Muslimin)

Peran digital saat ini cukup besar bagi perkembangan ekonomi di Indonesia.

Suara.com - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara memandang, peran digital saat ini cukup besar bagi perkembangan ekonomi di Indonesia.

Menurutnya, digitalisasi perbankan merupakan inovasi dari pihak bank untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan perbankan.

Selain mampu meningkatkan perekonomian, Mirza juga mengatakan, ekonomi digital juga semakin menumbuhkan lapangan kerja baru.

"Peran ekonomi digital terhadap perekonomian di Indonesia diproyeksikan menyumbang 155 miliar dolar AS ke Produk Domestik Bruto atau PDB Indonesia dan 3,7 juta pertumbuhan tenaga kerja pada tahun 2025," ujar Mirza Adityaswara di Auditorium Perbanas Institute, Rabu (27/2/2019).

Menurut Mirza, untuk saat ini digital bank yang paling terkemuka ialah Bank DBS.

"Transformasi digital DBS sudah dimulai sejak tahun 2009 mengubah DBS menjadi lembaga yang mengedepankan konsumen dengan kemampuan talent starup," tambahnya.

Adapun peran Bank Indonesia untuk menuju ekonomi digital yaitu dengan mendukung integritas ekonomi keuangan digital nasional, serta mendukung digitalisasi perbankan dengan teknologi finansial atau Fintech.

Selain itu peran yang mendukung ekonomi digital yaitu manajemen antara inovasi dengan perlindungan konsumen yang tetap harus dikedepankan.

(Muslimin)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS