Kemiskinan Turun Jadi Single Digit, Menkeu Sebut Pertama Dalam Sejarah

Iwan Supriyatna | Muslimin Trisyuliono
Kemiskinan Turun Jadi Single Digit, Menkeu Sebut Pertama Dalam Sejarah
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan terkait realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (19/3). [ANTARA FOTO/Wahyu Putro]

Tingkat kemiskinan di Indonesia menurun di angka 9,66 persen.

Suara.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, tingkat kemiskinan di Indonesia menurun di angka 9,66 persen pada tahun 2018. Menurutnya, pencapaian single digit ini pertama kali dalam sejarah Indonesia.

Hal tersebut disampaikan saat menghadiri pembukaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) unaudited di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jakarta Pusat. Diketahui tingkat kemiskinan di Indonesia menurun pada tahun 2017 diangka 10,12 persen.

"Pemerintah berhasil menurunkan angka kemiskinan mencapai satu digit dikarenakan salah satunya pelaksanaan APBN tahun 2018," ujar Sri Mulyani di Gedung BPK, Rabu (27/3/2019).

Pelaksanaan APBN tahun 2018 turut mendorong menurunnya angka pengangguran dari 5,5 persen menjadi 5,3 persen. Hal tersebut dikarenakan rasio gini atau pemerataan pendapatan mengalami peningkatan dari angka 0,391 menjadi 0,384. Dari angka tersebut pemerataan pembangunan dan kesejahteraan makin membaik.

Menurutnya pertumbuhan perekonomian di Indonesia cukup baik di tahun 2018. Salah satunya dengan stabilnya ekonomi makro di tengah bergejolaknya ekonomi global.

Diketahui, kinerja ekonomi nasional meningkat mencapai 5,17 persen dibanding tahun 2017 berkisar 5,07 persen. Pertumbuhan ekonomi nasionl di tahun 2018 adalah capaian yang tertinggi dalam empat tahun terakhir.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS