Jokowi Klaim Wisata Halal Indonesia Peringkat Pertama Dunia

Pebriansyah Ariefana | Ummi Hadyah Saleh
Jokowi Klaim Wisata Halal Indonesia Peringkat Pertama Dunia
Jokowi resmi membuka pembangunan Moslem District Destination atau kawasan halal, Halal Park di kawasan Gelora Bung Karno. (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)

Halal Park merupakan komitmen pemerintah untuk selalu melibatkan para pelaku bisnis terutama UMKM dalam memajukan ekonomi nasional.

Suara.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi membuka pembangunan Moslem District Destination atau kawasan halal, Halal Park di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (16/4/2019). Proses pembangunan diawali melalui pembukaan Miniatur Halal Park yang berlokasi di Jalan Pintu Satu Senayan, Area Gelora Bung Karno atau disamping Basketball Hall.

Dalam sambutannya, Jokowi menuturkan pembangunan Halal Distrik akan dibangun sekitar lebih 21 ribu meter persegi bangunan dan ruangnya. Nilai investasi bangunan mencapai Rp 250 miliar.

"Ini adalah sesuatu yang telah kita mulai, halal park sebagai embrio pembangunan halal distrik yang juga akan dibangun di sini. Akan dibangun kurang lebih 21 ribu meter persegi bangunan dan ruangnya dan mencapai nilai investasi bangunan Rp 250 miliar, akan dikerjakan di sini," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Miniatur Halal Park merupakan langkah awal sebelum Halal Park yang sebenarnya akan dibuka dua tahun yang akan datang.

Jokowi mengatakan pembangunan kawasan Halal Park bukanlah barang baru. Melainkan sudah dibahas beberapa kali di Istana Negara. Halal Park merupakan komitmen pemerintah untuk selalu melibatkan para pelaku bisnis terutama UMKM dalam memajukan ekonomi nasional.

"Ini adalah sebuah realisasi. Dan ini kita memadukan sumber daya yang dimiliki oleh pemerintah oleu bumn dan seluruh pelaku bisnis industri halal dan juga dengan para UMKM kita, kita padukan semua kekuatan untuk mengangkat industri halal kita ke tingkat regional maupun dunia," ucap dia.

Karena itu, pemerintah mengangkat Industri Halal Indonesia karena sebagai motor pertumbuhan ekonomi.

"Dan kita angkat industri halal Indonesia sebagai ladang kreativitas, produktivitas, generasi muda kita dan kita angkat industri halal Indonesia sebagai sumber kesejahteraan umat," kata dia.

Jokowi mengaku senang perkembangan industri halal di Indonesia sangat pesat. Pasalnya berdasarkan Global Muslim Travel Index 2019, wisata halal Indonesia mendapat peringkat pertama

"Dan alhamdulillah sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perkembangan industri halal sangat pesat, menurut global muslim travel index 2019, wisata halal Indonesia memenangi peringkat yang pertama. ini sebuah capaian yang sangat bagus. Baru saja ini diumumkan," tandasnya.

Dalam acara tersebut tampak hadir Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS