Peringkat Utang Naik, BI: Bukti Ekonomi Indonesia Bakal Membaik

Bangun Santoso | Achmad Fauzi
Peringkat Utang Naik, BI: Bukti Ekonomi Indonesia Bakal Membaik
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (Suara.com/Dian Kusumo Hapsari)

Menurut Perry, kenaikan peringkat tersebut membuktikan S&P percaya bahwa perekonomian Indonesia bakal membaik

Suara.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyambut baik dengan dinaikkannya peringkat utang Indonesia oleh lembaga pemeringkat Standard and Poor's (S&P) di atas layak investasi BBB.

Menurut Perry, kenaikan peringkat tersebut membuktikan S&P percaya bahwa perekonomian Indonesia bakal membaik.

"Kenaikan rating ini alhamdulillah ini adalah karunia Allah yang betul-betul sangat besar terhadap Indonesia," kata Perry di Kompleks Perkantoran BI, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019).

Selain itu, Perry menuturkan, kenaikan peringkat tersebut juga karena kepercayaan lembaga pemeringkat terhadap kebijakan BI, OJK, bersama pemerintah.

Kebijakan itu yang membuat perekonomian dalam negeri tetap kondusif di tengah ketidakpastian global.

"Baik dari kebijakannya pemerintah fiskal maupun juga koordinasi dengan BI, kebijakan moneter juga di sektor keuangan itu yang sangat erat. Juga kebijakan-kebijakan reformasi struktural yang di berbagai pihak," ujar dia.

"Jadi kebijakan, bagaimana mendorong ekspor, bagaimana kemudian mendorong industri dalam negeri, mendatangkan PMA, maupun perbaikin iklim investasi. Jadi dua hal itu yg menunjukkan kepercayaan dari lembaga pemeringkat seperti S&P, sehingga menaikkan peringkat Indonesia dua titik, dua tingkat," imbuhnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS