Angka Kemiskinan di Indonesia Terus Turun Berkat Kartu Sakti Jokowi

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Angka Kemiskinan di Indonesia Terus Turun Berkat Kartu Sakti Jokowi
Permukiman kumuh di kawasan Kebon Pala, Jakarta, Rabu (13/9).

Penurunan tingkat kemiskinan ini berkat dari kebijakan pemerintah Jokowi terkait bantuan sosial.

Suara.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat Kemiskinan Indonesia kembali turun. Tercatat, per Maret 2019 tingkat kemiskinan sebanyak 9,41 persen dari total penduduk Indonesia atau turun 0,41 persen bila dibanding Maret 2018.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, penurunan tingkat kemiskinan ini berkat dari kebijakan pemerintah Jokowi terkait bantuan sosial mulai dari Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan beras sejahtera (Rastra).

"Ini menggembirakan, yang sudah dilakukan pemerintah, KIS, KIP, Rastra dan bantuan lainnya untuk bansos, penurunan kemiskinan menunjukan progres yang menggembirakan," katanya di Kantor BPS Pusat, Jakarta, Senin (15/7/2019).

Jika dirinci, Suhariyanto membeberkan jumlah pendduk Indonesia per Maret 2019 mencapai 25,13 juta jiwa.

Menurut Suhariyanto, penurunan tingkat kemiskinan paling cepat terjadi di masyarakat pedesaan. Pada Maret 2019, tingkat kemiskinan di desa sebesar 12,85 persen turun dari periode yang sama tahun 2016 sebesar 13,20 persen.

Sedangkan, tingkat kemiskinan di kota tercatat per Maret 2019 sebesar 6,69 persen turun dibanding periode yang sama tahun 2018 7,02 persen.

"Penurunan kemiskinan ini menggembirakan, karena terjadi mayoritas di desa. Desa penurunannya lebih cepat daripada di kota," pungkas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS