Presiden Jokowi Umumkan Lokasi Pasti Ibu Kota Baru Usai Jam Makan Siang

Iwan Supriyatna | Ummi Hadyah Saleh
Presiden Jokowi Umumkan Lokasi Pasti Ibu Kota Baru Usai Jam Makan Siang
Presiden Joko Widodo berjalan di kawasan hutan saat meninjau salah satu lokasi calon ibu kota negara di Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rabu (8/5). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

Jokowi akan mengumumkan lokasi pemindahan Ibu Kota pada siang ini pukul 13.00 WIB.

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang ini, Senin (26/8/2019) akan mengumumkan lokasi Ibu Kota baru. Sebelumnya Jokowi menyebut akan memindahkan Ibu Kota ke Pulau Kalimantan.

Namun, hingga saat ini Jokowi belum menyebutkan letak pasti calon Ibu Kota baru tersebut.

Lapangan dan Monumen Pancasila Ibu Kota Baru. (Dok: Kementerian PUPR)
Lapangan dan Monumen Pancasila Ibu Kota Baru. (Dok: Kementerian PUPR)

"Ya betul hari ini (akan diumumkan lokasi ibu kota baru) oleh Presiden," ujar Staf Khusus Presiden Adita Irawati saat dikonfirmasi wartawan, Senin (26/8/2019).

Dari video yang diunggah Sekretaris Presiden di akun youtube, Jokowi akan mengumumkan lokasi pemindahan Ibu Kota pada siang ini pukul 13.00 WIB.

"Presiden Joko Widodo akan melakukan konferensi pers terkait pemindahan ibu kota negara di Istana Negara, Senin 26 Agustus 2019," tulis keterangan video yang dikutip Suara.com, Senin (26/8/2019).

Dari video tersebut, Jokowi juga sudah meminta izin kepada DPR untuk memindahkan Ibu Kota ke Pulau Kalimantan saat menyampaikan pidato kenegaraan menyambut HUT ke-74 RI dalam sidang bersama DPR dan DPD di Kompleks Parlemen Jakarta, Jumat (16/8/2019).

"Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," ucap Jokowi.

Transportasi Publik Ibu Kota Baru. (Dok: Kementerian PUPR)
Transportasi Publik Ibu Kota Baru. (Dok: Kementerian PUPR)

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil sebelumnya menyebut, lokasi Ibu Kota baru akan pindah ke Kalimantan Timur. Tapi lokasi pastinya masih rahasia.

Sofyan Djalil mengklaim sampai kini lokasi pasti Ibu Kota Negara baru masih belum diputuskan. Pemerintah akan mengumumkan jika sudah ada keputusan.

"Sudah di Kalimantan timur, tapi lokasi spesifiknya yang belum," kata Sofyan Djalil di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS