Pergerakan IHSG Diprediksi Berlanjut Melemah

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Pergerakan IHSG Diprediksi Berlanjut Melemah
Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (9/3).

IHSG diprediksi bakal melanjutkan pelemahannya.

Suara.com - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bakal melanjutkan pelemahannya setelah penutupan awal pekan kemarin melemah 0,6 persen ke level 6.290.

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi melihat secara teknikal laju IHSG tidak berhasil break out Moving Average 50 hari (MA50) sebagai konfirmasi penguatan lanjutan menuju 6.400.

Candlestick justru membentuk pola bearish engulfing dengan potensi melanjutkan pelemahan untuk menguji Moving Average 20 hari (MA20)

Sementara itu, indikator stochastic membentuk pola dead-cross pada area jenuh beli (overbought) dengan indikator RSI yang bergerak bearish reversal momentum, setelah menjenuh pada area yang cukup mahal.

"Sehingga, IHSG diperkirakan masih akan bergerak tertekan pada perdagangan selanjutnya dengan kisaran support-resistance di level 6.258-6.326," kata Lanjar dalam riset hariannya, Selasa (3/9/2019).

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama juga memprediksi IHSG bergerak di zona merah.

Secara teknikal, Nafan mengamati, MACD telah berhasil membentuk pola golden cross di area negatif. Sementara itu, terlihat bahwa Stochastic dan RSI berada di area netral.

Meski demikian, terlihat pola evening star candlestick pattern yang mengindikasikan masih adanya potensi koreksi wajar pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area support.

"Support pertama maupun kedua memiliki range pada 6.276 hingga 6.244. Sementara itu, resistance pertama maupun kedua memiliki range pada 6.316 hingga 6.348," tutur Nafan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS