Pemerintah Siapkan Dana Cadangan Rp 5 Triliun Jika Terjadi Bencana Alam

Dwi Bowo Raharjo | Achmad Fauzi
Pemerintah Siapkan Dana Cadangan Rp 5 Triliun Jika Terjadi Bencana Alam
Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Dana tersebut masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.

Suara.com - Pemerintah Pusat telah menyiapkan dana cadangan ketika ada bencana alam datang tiba-tiba di sejumlah daerah di Indonesia. Sehingga masyarakat tidak perlu takut kekurangan dana saat adanya bencana alam.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani mengatakan pihaknya sudah menyiapkan sebanyak Rp 5 triliun dana cadangan. Dana tersebut masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.

"Kita menyiapkan pendanaan tanggap darurat Rp 4-5 triliun," kata Askolani dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Askolani menuturkan, dana itu bukan hanya untuk dana cadangan saja. Tapi juga bisa digunakan untuk menangani bencana alam yang terjadi sebelumnya, seperti kebakaran hutan.

"Dana bencana bisa mencukupi masalah di 2019 ini, beda mungkin dengan tahun sebelumnya karena ada kebakaran hutan, dana bencana, di mana kemudian kita pindahkan ke BNPB eksekusi, membantu membatasi kebakaran hutan," jelas dia.

Selain itu, Askolani menjelaskan kalau dana tersebut juga bisa digunakan untuk merekonstruksi daerah yang terdampak bencana, diantaranya seperti di Palu dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Rekonstruksi Palu dan NTB lanjutan dari 2019. Kita juga menyiapkan mitigasi bencana BMKG, di Palu NTB dipilihkan untuk yang tidak rawan bencana lagi," pungkas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS