Miliarder Hong Kong Ramai-ramai Pindah ke Irlandia Hindari Aksi Demonstrasi

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Miliarder Hong Kong Ramai-ramai Pindah ke Irlandia Hindari Aksi Demonstrasi
Demonstran berunjuk rasa di Stasiun MTR Yuen Long, Hong Kong, Rabu (21/8). [ANTHONY WALLACE / AFP]

Aksi demonstrasi yang terjadi di Hong Kong membuat banyak miliader hengkang dari Hong Kong.

Suara.com - Aksi demonstrasi yang terjadi di Hong Kong membuat banyak miliader hengkang dari Hong Kong untuk melindungi barang berharganya serta melindungi diri.

Seperti dilansir Bloomberg, Surat kabar Sunday Times melaporkan banyak miliader yang hijrah ke Irlandia untuk berlindung dari aksi demo yang berujung ricuh tersebut.

Sementara itu, menurut data perusahaan investasi asal Irlandia Bartra Wealth Advisora, sebanyak 100 miliader menghubungi perusahaan untuk mengikuti program investor imigran Irlandia.

Supaya memenuhi syarat untuk ikut program pemberian hak tinggal, pelamar harus berinvestasi setidaknya 1 juta euro atau 1,1 juta dolar AS di negara Irlandia.

Untuk diketahui, aksi demo yang berujung rusuh itu diipicu oleh RUU ekstradisi yang kontroversial. Aksi itu telah terjadi berbulan-bulan yang menjadikan krisis terbesar bagi pemerintahan Beijing.

Demonstrasi terhadap undang-undang yang sekarang ditarik telah secara bertahap berubah menjadi pro-demokrasi, anti Gerakan China.

Akibat demo itu, kegiatan ekonomi Hong Kong lumpuh, bank dan pusat bisnis tutup, layanan kereta api dihentikan untuk pertama kalinya sejak beroperasi lebih dari 20 tahun lalu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS