Ditanya Mahasiswa UMM soal Utang, Sri Mulyani Berikan Sindiran Tajam

Iwan Supriyatna
Ditanya Mahasiswa UMM soal Utang, Sri Mulyani Berikan Sindiran Tajam
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Suara.com/Aziz Ramadani)

"Mahasiswa tidak bisa melihat data, membandingkannya, menganalisanya, maka kalian bukan mahasiswa,"

Suara.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani dibuat gemas ketika mendapatkan pernyataan dari salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terkait utang negara.

Muhammad Naufal menyebut bahwa Indonesia tengah berstatus darurat utang. Bahkan, Naufal juga membandingkan kondisi utang Indonesia dengan Singapura bahkan Amerika Serikat.

"Singapura dan Amerika berutang melebihi negara kita, bertujuan memajukan negaranya. Nah sekarang Singapura dan Amerika mencapai tujuannya menjadi negara maju, sedangkan Indonesia utang terus bertambah. Setelah Indonesia berutang ribuan triliun, apakah ada bukti perkembangan di bidang ekonomi, infrastruktur dan keamanan Bu?" tanya mahasiswa Fisip Ilmu Komunikasi tersebut.

Merespon hal itu, Sri Mulyani justru menyindir agar lebih pintar menganalisis data terlebih dahulu. Ia mengingatkan, mahasiswa harus menerapkan tiga poin penting, yakni critical thinking, analytical thinking, complex problem solving, agar menjadi SDM yang unggul.

"Saya bicara di sini, di universitas ya. Kalau mahasiswa mudah dihasut dengan bilang oh utangnya sudah darurat and then anda bilang Indonesia darurat utang. Mahasiswa tidak bisa melihat data, membandingkannya, menganalisanya, maka kalian bukan mahasiswa," kata Sri Mulyani disambut tepuk tangan.

Menkeu lantas menjelaskan panjang lebar tentang maksud dan tujuan utang. Sri Mulyani tak sependapat dengan mahasiswa yang membandingkan kondisi Indonesia dengan Singapura dan Amerika.

"Kita negara besar, Singapura yang 6 juta penduduknya. Kita (Indonesia) 267 juta. Bukan berarti tidak bisa dibandingkan. Tapi mengurus 267 juta itu lebih rumit dari 6 juta (penduduk)," urainya.

Kontributor : Aziz Ramadani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS