Antisipasi Virus Corona Penumpang Asal China, AP II Pasang Thermal Scanner

Dwi Bowo Raharjo | Achmad Fauzi
Antisipasi Virus Corona Penumpang Asal China, AP II Pasang Thermal Scanner
Bandara Adi Soemarmo, Solo, memasang alat thermal scanner untuk mengantisipasi masuknya virus cacar monyet ke Indonesia. (Suara.com/Adi Purnomo)

Awaluddin mengatakan belum ada pelaporan bahwa terdapat penumpang yang terindikasi virus corona.

Suara.com - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II memasang pemindai panas tubuh atau Thermal Scanner di 19 Bandara yang dimiliki. Hal ini untuk mengetahui kondisi penumpang pesawat sedang alami kondisi tak sehat karena terjangkit virus corona.

Sehingga, jika terdapat penumpang pesawat dari China yang tak sehat bisa langsung diambil tindakan.

"Lalu melakukan koordinasi dengan regulator karena dia (regulator) yang memiliki akses terhadap kebijakan regulasi dan kebijakan antar regulator lain. Seperti beberapa hari yang lalu Bandara Wuhan mengeluarkan notam penutupan bandara," ujar Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin di kawasan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (26/1/2020).

Awaluddin melanjutkan, pihaknya juga telah meminta kepada petugas bandara seperti pengamanan bandara hingga petugas darat bandara selalu menggunakan masker agar tak terinfeksi virus corona.

"Ini kita udah minta mereka (petugas bandara) menggunakan masker," ucap dia.

Meski demikian, hingga saat ini Awaluddin menyebut belom ada pelaporan bahwa terdapat penumpang yang terindikasi virus corona.

"Sejauh ini sampai siang ini belum ada pelaporan. Ada beberapa yang diduga suspect seperti tadi pagi, di kantor cabang jambi ada diperkirakan suspect. Saya udah minta langsung untuk koordinasi dengan stakeholder," pungkas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS