Mulai 1 Maret Beli Tiket Kapal di 4 Pelabuhan Ini Harus Secara Online

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Mulai 1 Maret Beli Tiket Kapal di 4 Pelabuhan Ini Harus Secara Online
Para pemudik yang akan menyeberang ke Sumatra antre memasuki kapal feri di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (30/5/2019). [Antara/Asep Fathulrahman]

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bakal merubah sistem tiket kapal penyeberangan dari pembelian tiket di loket ke pembelian online.

Suara.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bakal merubah sistem tiket kapal penyeberangan dari pembelian tiket di loket ke pembelian online. Rencananya empat pelabuhan pada Maret nanti pembelian tiket bisa dibeli lewat reservasi online.

Adapun, empat pelabuhan tersebut diantaranya Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

"Sebentar lagi per 1 Maret tidak ada lagi orang Go Show, semuanya harus reservasi online, dengan itu juga manifes bisa diprediksi atau dibuat sebelum journey," ujar Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry, Irra Puspadewi di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Menurut Irra, pembelian online agar para penjaga tiket tak main-main dalam pengelolaan tiket. Selain itu, para penumpang juga tak perlu antre dalam membeli tiket kapal penyebrangan.

"Lebaran nanti sudah enggak ada puluhan orang antri berkilo-kilo, berjam-jam karena reservasi online. Ini engga gampang juga tapi kita bertekad serius untuk game changer lain hasil transformasi prosesnya," jelas dia.

Dalam layanan tiket online ini, Irra juga tengah mengkaji skema kerja sama dengan online travel agent (OTA) seperti Traveloka hingga Tiket.com.

Hingga saat ini, ia menyebut ASDP telah bekerja sama dengan minimarket seperti Alfamart dalam pembelian tiket.

"Kita menjajaki itu (kerja sama dengan OTA). Saat ini kita menggunakan website sendiri plus gerai offline seperti Alfamart," pungkas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS