Perlu Diketahui Pencari Kerja, Ini 5 Ciri Perusahaan yang Layak Dilamar

Arsito Hidayatullah
Perlu Diketahui Pencari Kerja, Ini 5 Ciri Perusahaan yang Layak Dilamar
Ilustrasi pencari kerja, lowongan pekerjaan. (Shuttertstock)

Kumpulkan informasi akurat terkait perusahaan yang akan dilamar, hingga Anda benar-benar yakin untuk melamar di tempat tersebut.

Suara.com - Bagi pencari kerja, mendapatkan pekerjaan yang tepat tidaklah selalu mudah. Meski di luar sana ada banyak sekali lowongan pekerjaan yang dibuka setiap harinya, selain belum tentu didapat, pekerjaan itu sendiri juga belum tentu cocok.

Berbagai tawaran kerja saat ini memang sudah relatif mudah ditemukan, terutama seiring dibukanya lowongan pekerjaan secara online. Lowongan kerja sekarang ini begitu mudah dan cepat ditemukan oleh siapa saja.

Meski begitu, Anda selaku pencari kerja harus tetap bijak dan jeli menanggapi kondisi ini. Jangan sampai tergoda dengan berbagai penawaran kerja yang menggiurkan dan bahkan tidak masuk akal. Kenapa? Sebab, tidak menutup kemungkinan bukannya mendapatkan pekerjaan yang sesuai, bisa saja Anda justru terjebak di pekerjaan yang salah.

Hindarilah untuk mengambil tawaran kerja secara sembarangan, apalagi jika pihak perusahaan menjanjikan berbagai kemudahan dan gaji yang besar. Pastikan meluangkan waktu yang cukup untuk melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu, sebelum akhirnya memutuskan untuk mengajukan lamaran ke sebuah perusahaan.

Kumpulkan informasi akurat terkait dengan perusahaan yang akan dilamar, hingga Anda benar-benar yakin untuk melamar di tempat tersebut. Selain informasi tersebut, Anda juga bisa melihat kelayakan perusahaan yang akan dilamar sebagai pertimbangan.

Agar tak gampang terjebak lowongan kerja palsu atau yang justru tidak baik untuk dijalani, catat ciri-ciri perusahaan yang layak untuk dilamar dan menjadi tempat meniti karier, sebagaimana dikutip dari Cermati.com berikut ini.

1. Perusahaan Memberikan Informasi secara Lengkap

Perusahaan yang tidak profesional biasanya akan membuka lowongan yang tidak lengkap, di mana Anda bisa saja kesulitan untuk menemukan kontak atau bahkan alamat kantor mereka. Hal ini patut dicermati setiap kali membaca lowongan kerja, sebab ini bisa saja sebuah jebakan.

Sebuah perusahaan yang profesional akan mencantumkan informasi mereka dengan lengkap, termasuk kontak yang bisa dihubungi, serta alamat kantor mereka yang jelas.

Perusahaan seperti ini juga biasanya akan mencantumkan alamat email khusus yang menggunakan nama perusahaan itu sendiri. Sebagai langkah awal, Anda bisa menghubungi mereka di kontak yang tercantum di sana, sebelum akhirnya memutuskan untuk mengajukan lamaran kerja di perusahaan tersebut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS