Sikap Ambisius di Dunia Kerja, Menguntungkan atau Merugikan?

Arsito Hidayatullah
Sikap Ambisius di Dunia Kerja, Menguntungkan atau Merugikan?
Ilustrasi pekerja ambisius, target pekerjaan, karyawan kantor. (Shutterstock)

Sikap ambisius tentu saja sangat berguna dalam dunia kerja, walaupun ternyata tidak selamanya menguntungkan.

Suara.com - Di dunia kerja kita akan senantiasa menemukan atau melihat orang yang begitu fokus mencapai tujuan dan keinginannya. Atau barangkali, Anda sendiri pernah memiliki tekad yang sangat kuat untuk memiliki sesuatu? Jika ya, berarti Anda pernah menjadi pribadi yang ambisius.

Dalam keseharian di dunia kerja, Anda mungkin kerap melihat rekan kerja yang begitu semangat dalam menyelesaikan tugas. Entah itu untuk mencapai target pekerjaan maupun agar tugas-tugasnya bisa terselesaikan dengan segera.

Sikap tersebut tentu saja sebenarnya sangat berguna dalam dunia kerja. Tapi, meski terlihat sebagai sikap yang positif, tahukah Anda bahwa tidak selamanya sikap ambisius itu menguntungkan? Jika dilakukan secara sembarangan, sikap ambisius juga dapat menimbulkan hal negatif.

Oleh karena itu, sebagaimana dikutip dari Cermati.com, kenalilah lebih dalam sikap ambisius yang menggebu-gebu ini, agar Anda sendiri dapat memanfaatkannya dengan positif.

1. Pengertian Dasar Sikap Ambisius

Menilik dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), "ambisius" diartikan sebagai keinginan yang kuat untuk mencapai suatu tujuan, harapan, atau cita-cita. Sikap ambisius bisa juga berarti penuh ambisi.

Ambisi sendiri memiliki arti "sebuah keinginan yang besar untuk mencapai sesuatu". Memahami pengartian KBBI tersebut, maka kata "ambisius" sebenarnya memiliki makna dasar yang positif. Artinya, jika memiliki sikap ambisius, maka Anda bakal dapat mencapai sebuah tujuan dengan cepat karena memiliki semangat kerja yang tinggi.

Namun sementara itu, di lingkup kehidupan bersosial, orang yang ambisius biasanya malah memiliki konotasi negatif, bahkan kerap dirasa merugikan. Mungkin hal ini disebabkan juga oleh ketatnya persaingan dalam dunia karier, yang membuat orang ambisius cenderung "dibenci".

2. Kelebihan Pemilik Sikap Ambisius

Orang yang ambisius sudah pasti memiliki semangat yang kuat untuk bisa meraih sebuah tujuan. Saat memiliki ambisi untuk mendapatkan sesuatu, Anda akan terus berusaha hingga ambisi tersebut berhasil didapatkan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS