Menteri Erick Thohir Gandeng Swasta Susun Road Map Industri Kesehatan

Pebriansyah Ariefana | Achmad Fauzi
Menteri Erick Thohir Gandeng Swasta Susun Road Map Industri Kesehatan
Menteri BUMN Erick Thohir. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Hal ini agar industri kesehatan bisa mandiri tanpa perlu melakukan impor bahan baku alat kesehatan.

Suara.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menggandeng Perkumpulan Organisasi Perusahaan Alat-alat Kesehatan dan Laboratorium Indonesia atau Gakeslab untuk menyusun peta jalan (road map) industri kesehatan.

Hal ini agar industri kesehatan bisa mandiri tanpa perlu melakukan impor bahan baku alat kesehatan.

Erick Thohir menegaskan, penyusunan roadmap yang direncanakan ini merupakan wujud sinergi antara BUMN dan swasta. Alhasil, ekosistem bisnis di industri ini sehat, Menteri BUMN juga menambahkan,

"Sesuai dengan Peraturan Presiden yang mewajibkan penggunaan produk dalam negeri, untuk upaya pelaksanaan Health Security Nasional, saya meminta seluruh RS BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengutamakan penggunaan produk dalam negeri, baik itu obat hingga alat kesehatan," ujar Erick dalam keterangannya, Jumat (24/4/2020).

Mantan Presiden Klub Inter Milan ini mengatakan pihaknya bukan anti impor, tapi dari Pandemi Covid-19 ini, menjadi pembelajaran bahwa Indonesia harus mampu mewujudkan ketahanan kesehatan nasional, dimana semua pihak berperan besar mewujudkannya.

"Akademisi, Periset, BUMN, Swasta, BUMD, RS, BPJS, LKPP juga regulator semua harus punya visi yang sama, bahwa sedikit demi sedikit kita harus mengurangi ketergantungan terhadap impor," jelas Erick.

Sementara, Ketua Gakeslab Sugihadi mengatakan, organisasi sangat siap membantu BUMN dalam pembuatan peta jalan industri kesehatan. Menurutnya, banyak perusahaan swasta yang mampu memproduksi alat kesehatan.

"Seperti diketahui, saat ini banyak perusahaan swasta yang memiliki kemampuan dalam memproduksi alat kesehatan," kata Sugihadi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS