Catat, Ini 7 Manfaat Mengikuti Workshop untuk Karier Anda!

Arsito Hidayatullah
Catat, Ini 7 Manfaat Mengikuti Workshop untuk Karier Anda!
Ilustrasi pekerja kantor, workshop, karier. [Shutterstock]

Ingin mengenal workshop lebih dalam dan mengetahui manfaatnya dalam karier? Simak ulasan lengkapnya di sini!

Suara.com - Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah workshop, baik jika Anda seorang fresh graduate atau lulusan baru, maupun karyawan yang sudah bekerja. Workshop memang dinilai memberikan beragam manfaat dalam mengembangkan karier.

Tidak hanya ilmu yang bermanfaat, tapi Anda juga berkesempatan menambah networking atau jaringan, teman, hingga skill yang belum dimiliki sebelumnya. Ingin mengenal workshop lebih dalam dan mengetahui manfaatnya dalam karier? Langsung saja, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Workshop

Banyak orang yang beranggapan bahwa workshop sama dengan seminar, padahal keduanya sedikit berbeda. Perbedaannya ada pada keaktifan peserta, di mana peserta dari seminar bersifat lebih pasif dan hanya mendengarkan saja, sedangkan peserta workshop lebih aktif.

Pada umumnya, bentuk dari workshop ini ada dua macam, yaitu workshop dengan pelatihan langsung dan workshop berbentuk diskusi. Contoh dari workshop pelatihan langsung misalnya workshop make up, melukis, merangkai bunga, menulis, desain, dan lain sebagainya. Sedangkan workshop diskusi contohnya yaitu workshop ilmu marketing tentang alat pemasaran.

Selain berbeda dari keaktifan pesertanya, workshop dan seminar juga bisa dibedakan dari banyaknya peserta yang ikut, serta durasi pelatihannya. Workshop pada umumnya memiliki peserta lebih kecil agar proses pembelajaran lebih efektif. Terkadang workshop juga dilakukan dalam waktu yang lama, hingga berhari-hari dengan pembahasan dan praktik yang lebih banyak.

Keuntungan Mengikuti Workshop untuk Karier

Setelah mengetahui apa itu workshop, maka selanjutnya Anda harus mengetahui apa saja keuntungan dari mengikuti pelatihan ini, terutama bagi karier yang akan dijalani. Langsung saja, berikut ini adalah keuntungannya:

1. Menambah Skill dan Wawasan

Skill atau kemampuan dan juga wawasan baru merupakan dua hal yang pasti Anda dapatkan setelah mengikuti workshop. Workshop yang lebih berbentuk diskusi membuatmu bisa bertukar pikiran dengan peserta lain, sehingga menambah wawasan serta sudut pandang baru.

Sedangkan skill atau kemampuan, bisa Anda dapatkan dengan paktik secara langsung. Ilmu yang dipraktikkan secara langsung biasanya lebih mudah dikuasai dibandingkan dengan ilmu yang hanya berupa materi.

2. Bertemu dengan Ahli di Bidangnya

Pemateri atau orang yang memberikan materi dalam acara workshop tentu bukanlah orang sembarangan. Mereka biasanya adalah pakar dan profesional di bidang yang berkaitan dengan topik workshop tersebut.

Jika Anda memiliki idola di bidang tertentu, mengikuti workshop merupakan kesempatan untuk bertemu dan belajar secara langsung dengan mereka. Ahli dan profesional yang memiliki pengalaman banyak akan membantumu mendapatkan ilmu yang tidak bisa didapatkan di tempat lain.

3. Menambah Networking

Berkumpul serta melakukan diskusi dengan orang yang memiliki minat atau hobi sama merupakan kesenangan tersendiri. Dari workshop ini, Anda bisa mendapatkan teman baru yang memiliki minat dan keahlian di bidang yang sama.

Hal tersebut bisa menambah networking atau jaringan di dalam bidang yang Anda sukai saat ini. Selain dapat bertukar pikiran dan menambah wawasan, networking penting karena membuat lebih mudah menemukan pekerjaan yang cocok sesuai bidang.

4. Mencoba Bidang Baru

Tidak hanya workshop sesuai bidang yang Anda geluti saat ini, workshop dengan tema lain juga sangat bermanfaat jika diikuti. Misalnya saja workshop melukis atau make up, yang dapat membantumu memiliki keahlian bahkan hobi baru. Selama itu positif, mengikuti workshop dengan tema yang beragam bisa membuatmu memiliki lebih banyak skill.

5. Menambah Ilmu Ketika Ingin Pindah Karier

Tidak semua orang memiliki karier dan jurusan kuliah sesuai dengan minat kerja. Terkadang, ada orang yang merasa salah jurusan atau salah posisi kerja, sehingga ingin mendapatkan pekerjaan baru yang sesuai minat.

Anda tidak perlu khawatir jika mengalami hal tersebut, karena workshop bisa membantu mendapatkan skill baru sesuai minat kerja. Bahkan beberapa workshop memberikan sertifikat kepada peserta yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan baru.

6. Membuka Kesempatan untuk Usaha Baru

Tidak hanya sebagai karyawan atau calon karyawan saja, workshop juga sangat berguna untuk Anda yang ingin memulai sebuah usaha. Materi atau topik dari sebuah workshop sendiri beragam dan tidak hanya seputar bisnis saja.

Beberapa materi atau topik yang bisa membantumu membuka usaha baru misalnya yaitu workshop merangkai bunga, membuat dekorasi, make up, menjahit, desain grafis, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih materi atau topik sesuai dengan usaha yang akan dibangun.

7. Mengisi Waktu dengan Aktivitas Bermanfaat

Berbeda dengan meeting atau kelas kuliah yang terkesan membosankan, workshop biasanya dibuat lebih menarik sehingga peserta merasa nyaman. Hal itu lantaran jumlah peserta yang sedikit sehingga kegiatan lebih menyenangkan. Seluruh peserta juga bisa belajar dengan santai dan rileks. Jadi, waktu luangmu tidak akan habis dengan hal-hal yang belum tentu bermanfaat.

Workshop adalah Salah Satu Cara untuk Mengembangkan Skill

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa mengikuti workshop akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan karier. Meskipun workshop yang diikuti tidak berhubungan dengan karier yang diinginkan atau yang dimiliki saat ini, namun semua ilmu tentu bermanfaat untuk yang memilikinya. Anda bisa memilih sendiri workshop mana yang akan diikuti, karena kini kian banyak yang mengadakannya demi pengembangan SDM di Indonesia.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

6 Etika di Kantor Ini Dijamin Bikin Karier Meningkat, Yuk Terapkan!

Cepat Sukses di Tempat Kerja dengan 4 Tips Komunikasi Efektif

Baru Kenal, Pilih Obrolan Ini biar Suasana Cair di Kantor

Published by

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS