Tak Disangka, Ini 4 Sisi Positif Punya Rekan Kerja yang Menyebalkan

Arsito Hidayatullah
Tak Disangka, Ini 4 Sisi Positif Punya Rekan Kerja yang Menyebalkan
Ilustrasi pekerja, rekan kerja, tempat kerja. (Shutterstock)

Di lingkungan kerja, terkadang kita memang bisa berhadapan dengan satu atau beberapa rekan kerja yang menyebalkan.

Suara.com - Tentunya menyenangkan jika bisa bekerja di sebuah perusahaan dengan rekan kerja yang cocok dalam jangka panjang. Masalahnya, terkadang di tempat kerja kita ada beberapa orang yang belum tentu memiliki pemikiran yang sama atau cocok untuk diajak bekerja bersama.

Dalam lingkungan kerja, terkadang kita bahkan bisa berhadapan dengan satu atau beberapa rekan kerja yang menyebalkan. Hal itu tentu tidak dapat dihindari, mengingat kita berada di tempat kerja yang sama, bahkan bisa jadi malah di satu tim atau divisi yang sama.

Situasi seperti ini pasti akan membuat kita tidak nyaman. Rekan kerja yang menyebalkan pastinya akan mendatangkan dampak buruk terhadap kondisi mental kita.

Namun, tidak selamanya bekerja dengan rekan kerja yang menyebalkan membawa kerugian. Simak beberapa keuntungannya berikut ini.

1. Lebih Objektif saat Memberi Kritik

Saat memberikan kritik kepada rekan kerja yang baik, tentu kita akan merasa sungkan atau tidak enak. Hal ini tidak akan terjadi apabila rekan kerjamu adalah orang yang menyebalkan.

Kamu akan lebih mudah memberikan kritik dan saran ke orang tersebut, karena pada dasarnya kamu tidak terlalu akrab dan dekat. Hal ini sangat baik untuk melatih diri memberikan kritik yang lebih objektif terhadap orang lain. Memberikan kritik yang objektif itu cukup sulit, apalagi ke orang yang dekat dengan kita.

Melalui rekan kerja ini, kita bisa belajar untuk menilai orang berdasarkan kinerja mereka tanpa memperhatikan perasaan pribadi. Hal ini akan sangat berguna untuk perkembangan pribadimu di masa depan.

2. Mendapatkan Banyak Perspektif Berbeda

Berbicara dengan orang lain yang tidak kita sukai juga bisa memberikan perspektif yang berbeda terhadap berbagai macam hal. Selama kita bergaul, tanpa disadari kita memilih orang-orang yang memiliki pemikiran atau perspektif yang sama dengan kita. Hal ini tentu baik, namun lama-kelamaan akan membatasi pandangan kita.

Dengan berbicara atau bekerja dengan rekan kerja yang menyebalkan, tentu perspektif yang dia berikan akan sangat berbeda. Dia juga tidak akan segan-segan memberi tahu kekurangan kita dari sudut pandang lain yang bisa jadi luput dari pandangan kita. Pola pikir yang berbeda ini akan membuahkan ide-ide atau terobosan baru yang bisa membantu kita di masa depan.

Kita akan mengetahui berbagai hal yang perlu ditingkatkan dan mengetahui pola pikir seseorang yang tidak kita sukai. Suka atau tidak, pada kenyataannya memang kita tidak bisa berekspektasi bahwa semua orang bisa menerima cara pikir kita. Ini adalah cara terbaik untuk introspeksi diri dan mengembangkan kepribadian kita.

3. Bisa Lebih Produktif saat Bekerja

Rekan kerja yang terlalu akrab bisa mengaburkan garis antara hubungan profesional dan pribadi. Ini bisa menyebabkan kamu tidak produktif bekerja, karena terlalu banyak ngobrol sehingga pekerjaan tertunda.

Melalui rekan kerja yang menyebalkan ini, kamu akan lebih fokus bekerja karena hubungan yang tidak terlalu dekat. Ini menyebabkan hubungan tetap dalam garis profesional. Hal ini juga bisa memicu persaingan yang sehat untuk membuktikan diri terhadap rekan kerja, sehingga kita bisa lebih cepat berkembang dan lebih produktif.

4. Belajar Lebih Banyak Mendengarkan

Menghadapi orang yang menyebalkan ada banyak cara. Salah satunya adalah dengan lebih banyak mendengarkan dan berbicara seperlunya saja.

Kemampuan mendengarkan ini sangat penting di dunia kerja. Kita sebagai pribadi dewasa tanpa sadar lebih sering berbicara daripada mendengarkan. Hal ini bahkan bisa membuat kita menjadi pribadi yang menyebalkan, karena dianggap tidak mendengarkan pendapat orang lain.

Belajar lebih banyak mendengarkan bisa membuat kita memahami lebih jauh cara pikir orang lain. Kita juga bisa lebih menghargai apa pun pendapat mereka, sebelum membuat asumsi sendiri. Informasi yang kita dapat juga bisa lebih lengkap, karena kita membiarkan mereka menyelesaikan setiap perkataan yang diucapkan sehingga tidak ada hal yang terpotong.

Bersabar dan Terus Belajar

Menghadapi rekan kerja yang menyebalkan tentu membutuhkan usaha ekstra. Belajarlah untuk lebih memaklumi dan menghargai apa pun pendapat yang mereka sampaikan.

Jangan terlalu mengambil hati apabila ada perkataan atau perilaku yang tidak pas dengan ekspektasi kita. Yang terpenting, ambil hal-hal yang baik dan jadikan itu sebagai pelajaran supaya kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Begini Cara Menolak Tawaran Kerja agar Citramu Tetap Baik

5 Cara Mengatasi Kantuk Saat Bekerja

Ini Cara Terbaik untuk Mengatasi Kolega yang Bersikap Negatif di Kantor

Published by

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS