alexametrics

Menko Airlangga Harap Dana Asing yang Keluar dari BEI Bisa Balik Lagi

Chandra Iswinarno | Mohammad Fadil Djailani
Menko Airlangga Harap Dana Asing yang Keluar dari BEI Bisa Balik Lagi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Suara.com/Fadil)

Menurut Airlangga saat ini kondisi pasar modal Indonesia mulai merangkak naik lagi ke level 5.000.

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta kepada otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) dan pelaku usaha yang tergabung dalam Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) untuk bisa menarik kembali dana asing yang sempat kabur dari pasar modal Indonesia, saat terjadi kepanikan wabah Virus Corona atau Covid-19 di tanah air.

"Untuk capital outflow, tugas Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) diharapkan sesudah pertemuan ini capital outflow berputar menjadi inflow," kata Airlangga dalam acara halal bihalal AEI secara online, Kamis (11/6/2020).

Menurut Airlangga saat ini kondisi pasar modal Indonesia mulai merangkak naik lagi ke level 5.000, setelah sempat turun ke level 3.000 saat wabah virus yang berasal dari China tersbeut mulai menggerogoti dunia.

Begitu juga dengan nilai tukar rupiah, yang ia bilang sudah mulai menguat dan menuju level psikologis di angka Rp 13.000-an.

Baca Juga: 112 Saham Nyungseb, IHSG Kembali Masuk Zona Merah

"Artinya pasar merespons kebijakan pemerintah dengan baik. Sehingga terus menunjukkan hal yang baik. Pastinya ekonomi dapat terakselerasi lebih cepat. Karena, pemulihan di pasar modal dan rupiah menunjukkan tanda positif agar lebih cepat pertumbuhannya," pungkas Ketua Umum Partai Golkar Ini.

Komentar