alexametrics

Erick Thohir Wacanakan Bongkar Tugas dan Fungsi Himbara

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Erick Thohir Wacanakan Bongkar Tugas dan Fungsi Himbara
Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir.

Menteri BUMN Erick Thohir akan menata kembali Himpunan Bank Negara (Himbara).

Suara.com - Menteri BUMN Erick Thohir akan menata kembali Himpunan Bank Negara (Himbara). Alih-alih bakal membentuk Holding, Erick justru memiliki pemikiran lain.

Mantan Bos Mahaka Media ini akan membuat Himbara fokus pada satu segmen pasar. Dengan begitu, masing-masing bank tak saling bersaing.

"Contohnya BTN saya support ia menjadi bank fokus pada perumahan apakah dengan konsep mendorong mereka bersinergi BUMN seperti KAI seperti TOD, atau Perumnas, saya harap berfokus disitu," ujar Erick ditulis Jumat (3/7/2020).

Selanjutnya, tutur Erick, pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan fokus menyalurkan kredit mikro atau UMKM. Sedangkan, Bank Mandiri akan fokus menggarap segmen korporasi besar.

Baca Juga: Dirut Inalum Diusir DPR Gara-gara Freeport, Erick Thohir: Pak Orias Populer

"BNI saya challenge, saya harap BNI menjadi source of international funding, contoh saja, mohon maaf ini baru permikiran saya tawarkan Direksi BNI, kalau BNI terus compete sama Bank Mandiri dan lain-lain apa bedanya? Saya harap BNI ini menjadi international banking kita. Footprint BNI sudah ada di New York, Hong Kong dan lain-lain," ucap dia.

Selain itu, Erick juga melakukan merger pada Bank-bank Syariah milik Himbara. Pasalnya, dengan penduduk muslim terbesar di dunia pasti membutuhkan produk-produk syariah dari perbankan.

"Nah kalau syariah di merger ia bisa menjadi top id bank yang menjadi alternatif pilihan. Karena yang namanya funding terbuka. Ini yang kita coba lakukan segmentasi yang ada di Himbara supaya tidak kanibal dan memperkaya pada market," pungkas Mantan Bos Klub Inter Milan ini.

Komentar