Siap-siap, Ekonomi RI Bakal Masuk Jurang Resesi Menyusul Singapura

Chandra Iswinarno | Mohammad Fadil Djailani
Siap-siap, Ekonomi RI Bakal Masuk Jurang Resesi Menyusul Singapura
Ilustrasi ekonomi saat pandemi (pixabay)

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah tak menampik potensi tersebut bisa terjadi di Indonesia.

Suara.com - Pandemi Virus Corona atau Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, benar-benar melululantahkan sendi-sendi perekonomian nasional. Saat ini, banyak negara di dunia yang sudah mengalami kejatuhan menuju resesi ekonomi akibat panjangnya pandemi tersebut.

Lantas bagaimana dengan Indonesia, apakah bakal masuk ke jurang resesi?

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah tak menampik potensi  tersebut bisa terjadi di Indonesia.

Dalam sebuah diskusi online Rabu (15/7/2020), Piter mengatakan nasib ekonomi Indonesia kedepan tidaklah jauh berbeda dengan negara lain yang mulai mengalami krisis akibat pandemi.

"Kalau sekarang kita ramai berbicara Singapura resesi, kita (Indonesia) juga sudah di depan mata. Kita juga akan resesi, sesuatu yang tidak akan terelakkan," katanya.

Apalagi, saat ini kasus Virus Corona di tanah air makin hari makin banyak jumlahnya, sehingga memungkinkan pemerintah bakal menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid dua, jika penyebaran virus ini tidak terkendali.

Piter menuturkan, ekonomi pada kuartal kedua sudah dipastikan mengalami kontraksi. Begitu pula pada kuartal ketiga dan keempat yang hampir diyakini terjadi penyusutan ekonomi, walaupun dengan skala lebih kecil.

"Kuartal III kita perkirakan masih negatif karena selama ada wabah perekonomian kita belum akan normal, aktivitas sosial ekonomi terbatasi konsumsi jauh turun," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS