Korea Selatan Resesi, Ekonom Ini Sebut Menguntungkan Buat Indonesia

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Korea Selatan Resesi, Ekonom Ini Sebut Menguntungkan Buat Indonesia
Pengamat ekonomi, Aviliani. (www.fiskal.depkeu.go.id)

Korea Selatan resmi memasuki jurang resesi pada kuartal II tahun 2020.

Suara.com - Korea Selatan resmi memasuki jurang resesi pada kuartal II tahun 2020. Ini merupakan kali pertama sejak 17 tahun terakhir resesi menghantam negeri ginseng tersebut.

Pada kuartal II ekonomi negara K-pop itu mengalami kontraksi sebesar 3,3 persen, angka ini lebih tinggi dari kuartal sebelumnya sebesar 1,3 persen.

Menanggapi resesi Korsel ini, ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani justru mengatakan, situasi ini menguntungkan bagi Indonesia.

"Dengan dia resesi banyak nanti investasi Korea Selatan yang masuk ke Indonesia," kata Aviliani dalam acara webinar bertajuk 'Tantangan Menata Arsitektur Sektor Keuangan di Tengah Pandemi Global' yang diselenggarakan Indef, Kamis (23/7/2020).

Sehingga kata dia, tidak ada dampak secara langsung yang bisa dirasakan Indonesia dari merosotnya ekonomi Korsel.

"Menurut saya impact langsungnya tidak tetapi mungkin malah kita mendapatkan keuntungan. Investasi yang berada di negara-negara resesi bisa masuk ke kita," ucapnya.

Ekonomi Korsel harus menelan pil pahit karena adanya pandemi virus corona atau Covid-19, wabah ini mengakibatkan terjadinya penurunan paling dalam dari sisi ekspor selama dua dekade.

Korsel tak sendiri, sebelumnya negara tetangga Indonesia, Singapura juga lebih dulu masuk dalam jurang resesi, dimana pada kuartal I-2020 ekonomi Singapura minus 2,2 persen secara tahunan.

Pada kuartal II tahun ini ekonomi Singapura makin terperosok dan mengalami kontraksi hingga 41,2 persen. Secara tahunan ekonomi Singapura mengalami kontraksi hingga 12 persen.

“Kalau triwulan III tidak negatif itu jauh lebih baik lagi karena mungkin dana-dana yang dari Korea Selatan atau negara resesi masuk ke kita. Jadi kita harus siap rupiah semakin menguat dengan banyaknya investasi masuk,” pungkas Aviliani.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS