Jokowi Pangkas Anggarkan Pembangunan Infrastruktur Jadi Rp 414 Triliun

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Jokowi Pangkas Anggarkan Pembangunan Infrastruktur Jadi Rp 414 Triliun
Presiden Joko Widodo (Jokowi). [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap memproritaskan pembangunan infrastruktur tahun 2021.

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap memproritaskan pembangunan infrastruktur tahun 2021. Pada tahun 2021, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menganggarkan pembangunan infrastruktur pada 2021 sebesar Rp 414 triliun.

Anggaran infrastruktur pada 2021 ini turun dibandingkan dengan anggaran tahun 2020 yang sebesar Rp 423,3 triiun.

"Pembangunan infrastruktur tahun 2021 dianggarkan sekitar Rp 414 triliun yang utamanya untuk pemulihan ekonomi, penyediaan layanan dasar, serta peningkatan konektivitas," ujar Jokowi dalam Nota Keuangan, di Gedung MPR-DPR, Jakarta, Kamis (14/8/2020).

Menurut Jokowi, pembangungan infrastruktur akan difokuskan pada infrastruktur digital. Hal ini penting mengingat adanya pandemi covid-19.

"Dengan demikian, belanja infrastruktur diarahkan untuk penguatan infrastruktur digital dan mendorong efisiensi logistik dan konektivitas," jelas dia.

Selain itu, tambah Jokowi, pembangunan infrastruktur padat karya yang mendukung kawasan industri dan pariwisata juga akan diarahkan ke digital.

"Kemudian, pembangunan sarana kesehatan masyarakat dan penyediaan kebutuhan dasar, seperti air, sanitasi, dan permukiman," ungkap Mantan Walikota Solo itu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS