alexametrics

Polisi Akan Gratiskan Tol Jika Macet Arus Balik Tak Bisa Terurai

Iwan Supriyatna | Yosea Arga Pramudita
Polisi Akan Gratiskan Tol Jika Macet Arus Balik Tak Bisa Terurai
Kendaraan memadati ruas Tol Jagorawi KM 6 di Jakarta saat libur panjang dan cuti bersama, Kamis (29/10/2020). [Antara/Hafidz Mubarak A]

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sudah menyiapkan skenario guna mengurai peningkatan volume kendaraan yang kembali ke Ibu Kota saat arus balik.

Suara.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sudah menyiapkan skenario guna mengurai peningkatan volume kendaraan yang kembali ke Ibu Kota saat arus balik pada hari ini Sabtu (31/10/2020) dan Minggu (1/11/2020) besok.

Dalam hal ini, kepolisian telah mengantisipasi dengan berkoordinasi dengan jajaran lainnya dalam hal pengamanan arus lalu lintas ini.

"Kami akan berjaga dan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat untuk memantau apakah peningkatan jumlah arus yang masuk Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Sabtu (31/10/2020)

Sambodo menjelaskan, salah satu skenario yang telah disiapkan adalah contra flow. Jika nantinya tidak bisa dijalankan, maka polisi akan menerapkan sistem one way.

Baca Juga: Puncak Arus Balik Libur Panjang Diprediksi Terjadi Hari Ini dan Besok

"Kami akan lakukan contra flow begitu masuk wilayah Polda Metro Jaya, kalau itupun tidak bisa juga kita laksanakan sistem one way," sambungnya.

Sambodo melanjutkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pengelola jalan tol. Jika nantinya terjadi kepadatan lalu lintas di gerbang-gerbang tol, maka akan ada patrider tambahan atau bahkan polisi akan membuka gerbang tol tersebut agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

"Misalnya jika ada gerbang tol antriannya cukup panjang ada petugas yang berjalan dengan membawa patrider sehingga antrian bisa terurai bahkan jika antriannya mencapai 1 km kita akan berkoordinasi supaya tidak ada pembayaran tol yang penting masyarakat bisa kembali kerumahnya masing-masing dalam keadaan aman dan lancar dan tentunya sehat," tutup Sambodo.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan pengamanan berkaitan dengan libur panjang yang terhitung sejak hari Rabu (28/10/2020) hingga akhir pekan. Ribuan personel lalu lintas akan dikerahkan guna mengamankan arus lalu lintas.

Total personel yang diterjunkan berjumlah 2.999 anggota. Jumlah tersebut bakal ditempatkan si sejumlah ruas jalan tol, jalan arteri, hingga tempat wisata.

Baca Juga: Cegah Corona Saat Arus Balik, Pemprov DKI Minta Toilet Rest Area Dibatasi

Tal hanya itu, kepolisian juga telah memprediksi titik kepadatan arus lalu lintas yang mengarah ke Cikampek, Jawa Barat. Berkenaan dengan hal itu, sejumlah skenario juga telah disiapkan.

Komentar