facebook

Luhut Minta Pejabat Negara Banyak Belanja di UMKM Supaya Ekonomi Berputar

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Luhut Minta Pejabat Negara Banyak Belanja di UMKM Supaya Ekonomi Berputar
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. (Suara.com/M. Yasir)

Luhut Binsar Pandjaitan menginginkan sebagian anggaran belanja barang dan modal di setiap Kementerian/Lembaga (K/L) dialokasikan untuk membeli produk UMKM.

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Pandjaitan menginginkan sebagian anggaran belanja barang dan modal di setiap Kementerian/Lembaga (K/L) dialokasikan untuk membeli produk UMKM.

Menurut Luhut, anggaran belanja barang dan modal sangat besar, lebih dari Rp 1.000 triliun. Sehingga, jika digunakan akan menimbulkan efek positif bagi UMKM.

Salah satunya, bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat di desa.

"Kita punya belanja barang dan belanja modal mungkin lebih dari Rp 1.200 triliun, kalau setengahnya saja kita gunakan untuk beli produk-produk dalam negeri itu sudah membuat juataan lapangan kerja," ujar Luhut dalam webinar Karya Kreatif Indonesia, Rabu (3/3/2021).

Baca Juga: Luhut : Jadi Pejabat Jangan Sombong, Ini Sementara

Mantan Menko Polhukam ini meminta agar para pejabat tak mengabaikan kewajiban membeli produk-produk UMKM dalam anggarannya.

Menurut Luhut, pejabat bisa saja membelanjakan anggarannya pada produk-produk UMKM, asalkan produk tersebut masuk dalam katalog LKPP.

"Kita berharap, pejabat kita tidak mengabaikan aturan yang sudah ada bahwa harus gunakan produk produk dalam negeri selama itu dibuat didalam negeri dan sudah masuk dalam LKPP," ucap dia.

Luhut juga menginginkan, agar pemerintah daerah juga bisa membantu sarana dan prasarana di desa agar memadai menjadi desa wisata.

"Kita semua berharap semakin banyak desa yang dikembangkan jadi tempat wisata," pungkas dia.

Baca Juga: Diskusi Bareng Luhut, Utusan Presiden AS Bahas Kerja Sama Energi Bersih

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar