alexametrics

Peduli Terhadap Pekerja, Kemnaker Kembali Gelar Vaksinasi untuk Ribuan Buruh

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Peduli Terhadap Pekerja, Kemnaker Kembali Gelar Vaksinasi untuk Ribuan Buruh
Menaker, Ida Fauziyah saat meninjuai pelaksanaan vaksin terhadap ribuan buruh. (Dok; Kemnaker)

Meski telah divaksin, para buruh tetap diminta patuhi prokes.

Suara.com - Kementerian Ketenagakerjaaan (Kemnaker) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali menggelar program vaksinasi Covid-19 bagi para pekerja/buruh. Ini masih dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day 2021.

Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari sejak 2 Juni hingga 3 Juni 2021 besok. Kegiatan yang diiikuti oleh seribu orang perwakilan serikat buruh/serikat pekerja itu diselenggarakan di Gedung Juang Kemnaker. Para buruh itu berasal dari KSPI, KSBSI, Sarbumusi, dan KSPN.

Menaker, Ida Fauziyah mengatakan, kegiatan vaksinasi kepada para para pekerja/buruh ini bertujuan mengendalikan laju penularan Covid-19, khususnya pada klaster pekerja/buruh.

“Program vaksinasi ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk memutus rantai penularan Covid-19 dan memberi perlindungan keselamatan dan kesehatan khususnya pekerja/buruh, sehingga dapat bekerja dan beraktivitas secara normal,” tutur Ida dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, (2/6/2021).

Baca Juga: Ajak Pengusaha, Menkes Budi Ingin Ada Sentra Vaksinasi dalam Mal

Meskipun sudah dilakukan vaksinasi, Ida mengingatkan pekerja/buruh agar tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) di tempat kerja maupun di lingkungan masyarakat.

Sementara itu, Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) Kemnaker, Indah Anggoro Putri juga mengharapkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini dapat berjalan lancar dan pekerja yang sudah mengikuti vaksinasi dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

"Kiranya dari kegiatan vaksinasi yang kedua ini bisa berjalan dengan baik seperti vaksinasi Covid-19 yang pertama. Mudah-mudahan pelaksanaan vaksinasi ini dapat mempercepat pemulihan sektor ketenagakerjaan dan perekonomian yang selama ini terdampak Pandemi," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Elly Rosita Silaban, mengapresiasi apa yang sudah dilakukan pemerintah terutama Kemnaker dalam melaksanaan vaksinasi tahap kedua Covid-19 bagi para pekerja dan buruh. Inilah yang ditunggu oleh Serikat Pekerja dan Serikat Buruh agar dapat hidup kembali normal.

"Semua pihak wajib bekerja sama dalam menghindarkan diri dari ancaman pandemi Covid-19. Kedepannya, kami juga berharap kerja sama yang baik antara pemerintah dengan Serikat Pekerja / Buruh akan tetap berlanjut dalam menghadapi berbagai persoalan ketenagakerjaan," kata Elly Rosita.

Baca Juga: Demi Capai Herd Immunity, BRI Gelar Vaksinasi Gotong Royong untuk Karyawan dan Keluarganya

Hal senada disampaikan oleh Idris Palar, perwakilan dari Hubungan Luar Negeri dan Buruh Migran DPP KSPSI. Dia menyambut positif apa yang dilakukan Kemnaker dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kedua ini.

Komentar