alexametrics

Pengertian Teks Editorial Berikut Contohnya

Iwan Supriyatna
Pengertian Teks Editorial Berikut Contohnya
Ilustrasi merangkai kata.

Teks editorial seringkali ada di dalam surat kabar dan juga majalah. Teks ini biasanya berisi opini atau pendapat yang dituliskan oleh pimpinan redaksi.

Suara.com - Teks editorial seringkali ada di dalam surat kabar dan juga majalah. Teks ini biasanya berisi opini atau pendapat yang dituliskan oleh pimpinan redaksi.

Dalam penulisan teks editorial harus memperhatikan struktur penulisan, kaidah, hingga fungsinya.

Berikut adalah penjelasan mengenai teks editorial mencaup pengertian, contoh, tujuan, struktur dan fungsi. Dikutip dari laman rollingstone.co.id.

Pengertian Teks Editorial

Baca Juga: Surat Kabar Pro Demokrasi Terbesar di Hong Kong Putuskan Tutup

Teks editorial adalah sebuah artikel yang biasa dimuat di majalah ataupun surat kabar. Isi dari teks ini adalah pandangan atau pendapat yang berasal dari penulis mengenai isu yang terjadi di lingkungan sekitar.

Isu ini bisa dari berbagai bidang, mulai dari kesehatan, kecantikan, politik, hingga pendidikan. Teks editorial ini akan terbit setiap hari di koran atau majalah.

Pada penulisan teks editorial tidak boleh sembarangan, melainkan harus memenuhi peraturan yang berlaku. Mulai dari struktur penulisan, kaidah, hingga fungsinya.

Selain itu dalam penulisan teks editorial, harus dilengkapi dengan argumen yang logis, fakta, dan juga bukti yang nyata. Sehingga dalam penulisan teks ini tergolong nyata adanya, bukan mengada – ada.

Teks editorial sangat mudah dikenali ciri dan strukturnya. Dalam teks editorial akan mengulas tentang peristiwa yang sedang terjadi di lingkungan. Artinya adalah isu yang dibahas selalu baru.

Baca Juga: Nasib Tragis Surat Kabar Hong Kong Pro Demokrasi

Kemudian teks editorial ini memiliki sifat yang logis dan sistematis. Artinya pendapat yang dikatakan sesuai dengan fakta yang ada. Sehingga bukanlah isapan jempol belaka.

Komentar