alexametrics

AFC Indonesia Gandeng Yayasan Tunas Bakti Nusantara Bangun Puskesmas di Lombok Barat

Iwan Supriyatna
AFC Indonesia Gandeng Yayasan Tunas Bakti Nusantara Bangun Puskesmas di Lombok Barat
Yayasan Tunas Bakti Nusantara (YTBN) membangun sebuah gedung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pembantu Plus AFC Health Center.

Pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) merupakan hasil kerjasama Yayasan Tunas Bakti Nusantara, Kodim 1606/Mataram dengan AFC Life Science Indonesia.

Suara.com - Yayasan Tunas Bakti Nusantara (YTBN) membangun sebuah gedung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pembantu Plus AFC Health Center yang berlokasi di Dusun Aik Mual, Desa Sekotong Timur, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) merupakan hasil kerjasama Yayasan Tunas Bakti Nusantara, Kodim 1606/Mataram dengan AFC Life Science Indonesia. Selain itu, pembangunan ini juga sebagai tanda dimulainya rangkaian kegiatan Bakti Nusantara 2021

Peletakan batu pertama pembangunan Pustu ini berlangsung pada hari Sabtu (28/8/2021). Turut hadir Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, S.Ag., M.Si; Dandim 1606/Mataram, Kolonel Arm Gunawan, S.Sos. M.T.; perwakilan dari AFC Life Science, Lalu Abdul Rahim Tanwir, S.H.; serta anggota dewan pembina Yayasan Tunas Bakti Nusantara (YTBN), dr. Aryo Saloko, MARS.

Dalam pidato sambutannya, Bupati Fauzan Khalid mengungkapkan, keberadaan Puskesmas Pembantu (Pustu) Plus AFC Health Center, nantinya diharapkan akan semakin memantapkan pelayanan kesehatan di dusun yang tertinggal ini. Selain itu, Fauzan Khalid juga menambahkan, pembangunan Pustu ini tidak lepas dari semangat kolaborasi serta kerjasama antara Pemkab Lombok Barat, Kodim 1606/Mataram, dan AFC Life Science Indonesia.

Baca Juga: Kisah Sopir Ambulans yang Salip Iring-iringan Presiden: Pengalaman Tak Terlupakan

“Dengan semangat kolaborasi antar pihak terkait, maka kita akan dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di lapangan. Pembangunan jalan dan sekolah pada tahun 2016 didorong oleh Kodim 1606/Mataram bersama Bakti Nusantara. Pembangunan Pustu Plus sekarang ini, melalui kerja sama Bakti Nusantara, Pemkab Lombok Barat, Kodim 1606/Mataram dengan didukung AFC Life Science dan hibah tanah dari Kepala Dusun Aik Mual merupakan bukti nyata semangat kolaborasi tersebut,” ungkap Fauzan Khalid ditulis Selasa (31/8/2021).

Lebih lanjut Fauzan Khalid menjelaskan, total luas bangunan Pustu Plus mencapai 375 m2 dan dilengkapi balai penyuluhan kesehatan seluas 32 m2. Pembangunan Pustu Plus di Dusun Aik Mual ini direncanakan berlangsung selama 3 (tiga) bulan hingga Desember nanti.

Nanti Pustu ini juga akan dilengkapi dengan sarana air bersih dan pembangkit listrik tenaga surya. Tak hanya bangunan fisik, Pustu Plus selanjutnya akan dilengkapi dengan berbagai alat kesehatan, obat-obatan, serta tenaga kesehatan yang menetap.

“Saya mengingatkan kepada seluruh warga masyarakat tentang bagaimana memanfaatkan fasilitas kesehatan ini sebaik-baiknya serta merawat segala fasilitas yang tersedia sebagai tanda terima kasih dan wujud syukur atas pembangunan Pustu Plus. Kebahagiaan yang hakiki justru dapat diraih ketika kita memiliki kemampuan untuk berkorban dan memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama,” tambah Bupati Fauzan Khalid.

Bakti Nusantara adalah gerakan yang dilandasi oleh semangat kepedulian, kemanusiaan, persaudaraan, dan gotong royong, untuk mendorong pembangunan di wilayah tertinggal, terluar, dan terdepan Indonesia.

Baca Juga: Warga Sukabumi Alami Keracunan Massal usai Hadiri Hajatan, 89 Orang Dirawat

Kegiatan ini diprakarsai oleh Yayasan Tunas Bakti Nusantara dengan 3 (tiga) misi utama yaitu kesejahteraan (Bangun Nusantara), kesehatan (Sehat Nusantara), dan pendidikan (Inspirasi Nusantara).

Komentar