alexametrics

Prospek Untung, Bridgestone Mulai Prioritaskan Stasiun Isi Ulang Kendaraan Listrik

M Nurhadi
Prospek Untung, Bridgestone Mulai Prioritaskan Stasiun Isi Ulang Kendaraan Listrik
Petugas menunjukkan cara pengisian daya listrik untuk kendaraan bermotor di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kawasan Fatmawati, Jakarta, Minggu (13/12/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Bridgestone mulai serius menganggap kendaraan listrik sebagai prospek jangka panjang dengan peluang besar untuk mengurangi emisi CO2 dan membuat kendaraan ramah lingkungan.

Suara.com - Bridgestone jalin kerjasama jangka panjang bareng EVBox untuk mengembangkan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik di Eropa dengan membangun 3.500 stasiun pengisian daya kendaraan listrik di jaringan retail milik Bridgestone, termasuk beberapa jaringan retail terkenal seperti Speedy dan First Stop.

Kerjasama 5 tahun ini jadi bukti dukungan Bridgestone terhadap kendaraan listrik (EV; Electric Vehicle) sebagai bagian dari komitmen perusahaan terhadap masa depan mobilitas.

Proyek ini akan mulai dibangun di Perancis dan Itali, lalu untuk selanjutnya dikembangkan menuju wilayah Inggris, Jerman, Polandia, Spanyol dan negara-negara lain di Eropa.

Nantinya, stasiun pengisian Bridgestone juga akan dilengkapi oleh stasiun pengisian daya normal dan cepat dan berada di lokasi strategis yang dapat diakses oleh seluruh pengemudi kendaraan listrik.

Baca Juga: Aturan Minyak Sawit Uni Eropa Plin-plan, WTO Diprediksi Kebanjiran Gugatan

Stasiun pengisian daya cepat nantinya akan dipasang di jalur ramai, diperuntukkan bagi para pengemudi yang melakukan transift dan membutuhkan waktu yang singkat untuk mengisi daya.

Sementara, mitra EVBox, TSG juga berkontribusi sebagai perancang yang juga memasang, dan memelihara infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik di seluruh jaringan ritel dan layanan Bridgestone di Eropa.

Berkat kemitraan antara Bridgestone dan EVBox, pengemudi kendaraan listrik akan mendapatkan akses ke salah satu jaringan pengisian daya terbesar di Eropa, yang terdiri dari pengisian daya publik dengan lebih dari 130.000 buah stasiun serta 3.500 stasiun pengisian daya baru melalui satu solusi tunggal: kartu khusus atau aplikasi Charging Management Software dari EVBox.

Dengan tawaran akses ke semua stasiun pengisian daya listrik di seluruh Eropa, aplikasi ini menawarkan kenyamanan dan efisiensi ekstra kepada penggunanya melalui satu platform terpusat untuk pembayaran, serta penyediaan data tentang kebiasaan pengisian ulang dan memungkinkan penggunanya untuk melakukan perjalanan dari Madrid ke Helsinki menggunakan solusi unik yang sama.

Dengan kemitraan ini, jaringan ritel Bridgestone juga akan menawarkan pengemudi kendaraan listrik kesempatan untuk membeli dan memasang stasiun pengisian daya listrik di rumah.

Baca Juga: Best 5 Oto: Johann Zarco Touring dari Rumah, New MG ZS ke Indonesia, Motor Terlaris Eropa

Bridgestone mulai serius menganggap kendaraan listrik sebagai prospek jangka panjang dengan peluang besar untuk mengurangi emisi CO2 dan membuat kendaraan lebih ramah lingkungan, terutama dengan 20% penjualan mobil baru di Eropa pada 2025.

Komentar