alexametrics

Hadapi Endemi Covid-19, Airlangga Targetkan 2,5 Juta Dosis Vaksin Setiap Hari

Dwi Bowo Raharjo | Mohammad Fadil Djailani
Hadapi Endemi Covid-19, Airlangga Targetkan 2,5 Juta Dosis Vaksin Setiap Hari
Menko Bidang Perekonomian dan Ketua KPCPEN, Airlangga Hartarto. (Dok: Kemenko Perekonomian)

Mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan 3M yakin mencuci tangan.

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah telah menyiapkan sejumlah strategi untuk dapat masuk dari masa transisi pandemi menjadi endemi Covid-19.

Salah satu langkah yang dipersiapkan adalah dengan menargetkan peningkatan program vaksinasi menjadi 2,5 juta dosis vaksin Covid-19 setiap harinya.

"Dari sisi hulu yaitu dengan mengintensifkan vaksinasi pada bulan ini sampai Oktober 2021 menjadi sebanyak 2,5 juta suntikan per hari," kata Airlangga dalam konfrensi pers virtualnya, Senin (20/9/2021).

Selain itu mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan 3M yakin mencuci tangan, menjaga jarak dan dan Memakai Masker, selanjutnya mengakselerasi testing dan tracing, serta mengintensifkan screening PeduliLindungi, dan rumah masyarakat juga harus memiliki ventilasi yang baik.

Baca Juga: PPKM di Luar Jawa-Bali Kembali Diperpanjang Hingga 4 Oktober Mendatang

Sebaliknya, di sisi hilir dilakukan peningkatan kapasitas Rumah Sakit, menyediakan tenaga kesehatan yang cukup, dan mengamankan ketersediaan oksigen dan obat-obatan.

“Untuk bisa masuk kondisi transisi dari pandemi ke endemi, maka prasyarat yang sudah harus dipenuhi yaitu Fatality Rate ± 2 persen setara rata-rata global, Kasus Aktif ≤100 ribu, Positivity Rate ≤5 persen, Kasus Baru ≤5,000, dan BOR ≤ 40 persen,” jelas Menko Airlangga.

Komentar