alexametrics

5 Alasan Strategi Ini Membuat Bisnis Anda Makin Cuan!

Fabiola Febrinastri
5 Alasan Strategi Ini Membuat Bisnis Anda Makin Cuan!
Transaksi dipermudah dengan beragam inovasi berbasis digital. (Dok: OttoPoint)

Dengan OttoStamp, pelanggan akan termotivasi untuk mengumpulkan stamp demi mendapatkan hadiah menarik.

Suara.com - Selama pandemi, banyak bisnis UMKM yang terguncang stabilitasnya. Tidak sedikit yang gulung tikar. Tetapi kalau kita lihat lagi, tidak sedikit pengusaha yang bisnisnya bisa sukses di tengah pandemi.

Berdasarkan survei Bank Indonesia di tahun 2020, ada sekitar 27,6% UMKM yang mampu meningkatkan keuntungan usahanya di tengah serangan COVID-19. Hal utama yang mempengaruhi adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan kebiasaan belanja pelanggan yang bergeser ke layanan digital. Mulai dari platform belanja, cara pembayaran hingga pengiriman, sekarang ini sudah beralih ke online.

Fakta ini secara tidak langsung memberikan pelajaran bahwa para pelaku bisnis sebaiknya secara bertahap memperhatikan aspek digitalisasi untuk mempertahankan usahanya. Bukan hanya pada sisi operasionalnya saja, tetapi juga strategi marketingnya.

Nah, tentunya akan muncul pertanyaan selanjutnya mengenai cara marketing seperti apa yang efisien dan juga bisa diimplementasikan oleh beragam kalangan pemilik bisnis?

Baca Juga: KSP Klaim UU Cipta Kerja Atasi Hambatan Berusaha Bagi UMKM

OttoStamp menjadi solusi beragam bisnis untuk menaikkan keuntungan dan loyalitas. (Dok: OttoPoint)
OttoStamp menjadi solusi beragam bisnis untuk menaikkan keuntungan dan loyalitas. (Dok: OttoPoint)

Jawabannya adalah OttoStamp, stamp digital besutan OttoPoint yang merupakan penyedia layanan program loyalitas di Indonesia. Dengan program ini, pemilik usaha dapat memberikan pelanggan pengalaman untuk mengumpulkan stamp rewards melalui aplikasi, tanpa harus menggunakan kartu fisik lagi. Berikut keuntungan yang bisa didapatkan para pelaku bisnis melalui layanan spesial ini:

Meningkatkan keuntungan, sekaligus membuat pelanggan setia
Dengan OttoStamp, pelanggan akan termotivasi untuk mengumpulkan stamp demi mendapatkan hadiah menarik dari merchant favorit mereka. Tentunya stamp ini bisa didapatkan melalui setiap transaksi yang dilakukan.

Secara tidak langsung, program ini membuat pelanggan mengulangi pembelanjaan mereka secara berkala dan memberikan kontribusi yang positif bagi pemilik bisnis yang menerapkan program ini.

Mengelola beberapa program rewards dalam satu platform
Melalui layanan ini, para pemilik bisnis secara fleksibel bisa menjalankan beberapa program rewards sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya, di bulan Desember sebuah kafe ingin mengangkat produk baru bertema liburan akhir tahun dan juga tetap menjalankan program rewards untuk produk lainnya. Mereka bisa menjalankan dua macam program dengan rewards yang disesuaikan dengan produk yang ingin dijadikan fokus program.

Memonitor pencapaian program secara langsung (real-time)
Selain dengan aplikasi, pelaku bisnis juga akan diberikan akses untuk memantau program mereka melalui portal website. Di sini, bisa dilihat berapa banyak pelanggan yang mengikuti program. Selain itu, dapat juga mengetahui tentang minat dan kesukaan pelanggan terhadap produk dan rewards di setiap toko secara langsung. Tentunya ini memudahkan untuk proses evaluasi dan langkah marketing ke depannya.

Baca Juga: DJKI: Klinik Kekayaan Intelektual Akan Lindungi UMKM Hingga di Pelosok Daerah

OttoStamp memberikan nilai lebih kepada pengusaha maupun pelanggan. (Dok: OttoPoint)
OttoStamp memberikan nilai lebih kepada pengusaha maupun pelanggan. (Dok: OttoPoint)

Menentukan biaya marketing dengan lebih fleksibel dan efisien
Karena program stamp ditentukan sendiri oleh merchant yang berpartisipasi, hal ini berarti biaya rewards bisa disesuaikan dengan kebutuhan di periode tertentu. Sehingga memudahkan pelaku bisnis untuk menghitung untung ruginya. Biaya layanannya pun terjangkau, sehingga tidak menjadi beban bagi pelaku bisnis.

Komentar