facebook

Dukung Industri Kreatif, Jababeka Berikan Bantuan Peralatan Sablon ke Pelaku UMKM

Iwan Supriyatna
Dukung Industri Kreatif, Jababeka Berikan Bantuan Peralatan Sablon ke Pelaku UMKM
Jababeka memberikan bantuan peralatan sablon.

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak buruk bagi sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Suara.com - Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak buruk bagi sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Tak Terkecuali pelaku UMKM di Kabupaten Bekasi.

Tak sedikit para pelaku UMKM yang perlu mendapatkan bantuan oleh semua pihak agar bisa bertahan atau berkembang di masa pandemi, Dan salah satu pelaku UMKM yang perlu didukung ialah pelaku UMKM berbasis Ekonomi Kreatif di Cikarang Timur.

Melihat kondisi itu, PT Jababeka Tbk (Jababeka), tergerak untuk membantu. Dalam tajuk Jabat Ekonomi: Streng Industri Vendor Sablon Manual, Jababeka memberikan bantuan peralatan sablon, terdiri dari tinta plastisol, lampu led, screen sablon, rakel sablon, obat afdruk, mesin curing, kepada Rusdi Junaedi (26), di Kp. Cambay Desa Jatibaru, Kecamatan Cikarang Timur.

Pemilihan jenis bantuan tersebut karena mempertimbangkan kekuatan industri di daerah Kp Cambay-Desa Jatibaru yang sudah terkenal akan ekraf sablon manual. Dan sosok Rusdi ialah yang dianggap perlu mendapatkan bantuan – usai melakukan survei lapangan.

Baca Juga: Makanan Ringan UMKM Lampung Tembus Pasar Mesir, Teken MoU

Atas bantuan tersebut, Rusdi pun mengaku amat bersyukur sekaligus berterima kasih kepada Jababeka. Sebab ia yakin bantuan peralatan sablon tersebut akan membuat usaha sablonnya lebih mudah berkembang. Di mana bisa meningkatkan volume jumlah sablon dan meningkatkan efisiensi waktu saat mengerjakan pesanan.

"Untuk orderan, selain menerima order dari wilayah sekitar saya juga memasarkan kaos sablon melalui marketplace. Pesanan paling jauh yang saya terima sampai saat ini ini ke Surabaya," terang Rusdi ditulis Sabtu (20/11/2021).

Sementara itu, Ropi, ST, dalam sambutannya amat menyambut baik program Corporate Social Responsibility yang menyasar ke pelaku UMKM ini.

“Saya berharap apa yang dilakukan Jababeka dapat menginspirasi perusahaan lain yang berdomisili di Kecamatan Cikarang Timur untuk turut membantu para pelaku UMKM di sini. Sehingga dapat berkembang dan menciptakan peluang kerja baru,” terang Ropi.

Hal yang sama pun rupanya diharapkan oleh Tjahjadi Rahardja, Wakil Direktur PT. Jababeka, Tbk. Ia berharap bantuan ini bisa bermanfaat sehingga usaha sablon Rusdi bertahan sekaligus sekaligus meningkatkan skala usahanya di masa pandemi.

Baca Juga: Pekan Kuliner Kondang Medan Ajarkan UMKM Melek Digitalisasi

"Kami sangat mendukung anak muda yang memiliki kemauan keras menjadi entrepreneur sukses, bantuan peralatan sablon ini merupakan kontribusi yang dapat dilakukan perusahaan untuk membantu menggerakkan roda perekonomian, khususnya masyarakat di desa sekitar,” tutup Tjahjadi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar