facebook

Dubes: Rute Penerbangan Indonesia-Timor Leste Sudah Dibuka Kembali

Siswanto
Dubes: Rute Penerbangan Indonesia-Timor Leste Sudah Dibuka Kembali
Ilustrasi bandara (Pixabay/djedj)

Untuk bulan depan ada satu maskapai penerbangan lagi yang akan membuka rute penerbangan ke negara itu.

Suara.com - Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste di Dili, Timor Leste, Okto Dorinus Manik mengatakan bahwa transportasi udara dari Indonesia ke Kota Dili pulang pergi (PP) kembali dibuka setelah tutup akibat pandemi COVID-19.

"Jadi sebenarnya sudah masuknya maskapai penerbangan Citilink ke Dili, Timor Leste, masih berkaitan dengan penerapan visa on arrival (VOA) yang diberlakukan beberapa waktu lalu," katanya, hari ini.

Ia mengatakan setelah penerapan VOA tersebut, dirinya kemudian menantang beberapa maskapai penerbangan di Jakarta untuk membuka kembali rute penerbangan dari Indonesia ke Dili.

Okto menjelaskan kepada pihak maskapai penerbangan bahwa adanya VOA memberikan peluang kepada mereka untuk bisa membuka kembali rute tersebut karena banyak pihak yang berharap.

Baca Juga: Wings Air Siapkan Rute Penerbangan Purbalingga-Jakarta via Bandara Pondok Cabe, Kini Dalam Tahap Uji Coba Terbang

"Setelah itu Citilink langsung buka penerbangan kembali ke Dili pada 13 Juni lalu dengan penerbangan reguler dua kali sepekan," ujar dia.

Untuk bulan depan ada satu maskapai penerbangan lagi yang akan membuka rute penerbangan ke negara itu.

Saat ini, banyak pesawat charteran yang disewa oleh warga di Timor Leste untuk terbang ke Indonesia.

Menanggapi pembukaan maskapai penerbangan dari Indonesia ke Dili, Komisaris urusan ketenagakerjaan anatl,ep..aeropprto navegasaun oaereo Timor Leste enspresa publik atau otoritas bandara Timor Leste Jose de Oliveira Leong mengaku mengapresiasi hal tersebut.

"Kami justru menyambut baik hal ini, karena dengan adanya jalur penerbangan dibuka kembali, perekonomian di Dili bisa dikatakan bangkit kembali," kata dia.

Baca Juga: AirAsia Akan Buka Kembali Rute Penerbangan Internasional ke Belitung

Banyak pengusaha dari Timor Leste yang mempunyai urusan di Indonesia khususnya di Surabaya, Jawa Timur, sehingga pembukaan kembali penerbangan itu sangat membantu.

Ia menyebutkan selain maskapai penerbangan Citilink, Air Asia juga sudah beroperasi ke Dili. [Antara]

Komentar