5 Rekor Sepak Bola yang Belum Tersentuh Messi - Ronaldo

Syaiful Rachman
5 Rekor Sepak Bola yang Belum Tersentuh Messi - Ronaldo
Kolase foto Cristiano Ronaldo - Lionel Messi pamer jersey di el clasico [AFP]

Dalam satu dekade terakhir, Messi dan Ronaldo mendominasi jagad sepak bola.

Suara.com - Kehebatan pemain Barcelona Lionel Messi dan pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo tampaknya sudah tidak perlu dipertanyakan. Dalam satu dekade terakhir, keduanya bisa dibilang mendominasi jagad sepak bola.

Selain di liga domestik, persaingan kedua pemain itu pun merambah hingga kompetisi kasta tertinggi eropa, Liga Champions, yang mengantar keduanya meraih berbagai penghargaan. Mulai dari perebutan daftar pencetak gol terbanyak di berbagai ajang, hingga berbagi trofi Bola Emas, Ballon d'Or.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi saling bersalaman saat malam penghargaan The Best FIFA Men's Player di London Palladium, Inggris, Senin (23/10/2017). [AFP/Ben Stansall]

Dari sekian banyaknya prestasi dan rekor yang dibukukan Messi dan Ronaldo, ternyata ada lima catatan emas dalam sepak bola yang belum tersentuh oleh dua pemain peraih lima penghargaan Ballon d'Or tersebut.

Rekor apa saja? Berikut lima rekor yang belum mampu dipecahkan Messi dan Ronaldo seperti dikutip Sportskeeda.

Pemain legendaris Real Madrid Alfredo Di Stefano (kanan) usai mengantar Los Blancos memenangkan European Cup [AFP]

1. Gol terbanyak di final European Cup (sekarang Liga Champions)

Ronaldo dan Messi adalah dua pemain paling subur yang pernah tercatat dalam sejarah Liga Champions. Ronaldo saat ini merupakan top skor dengan 117 gol, sedangkan Messi sudah membukukan 98 gol selama bermain di kompetisi kasta tertinggi eropa tersebut.

Namun keduanya belum mampu menyamai rekor legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano sebagai bomber paling tajam di final European Cup. Tercatat, tampil di final sebanyak lima kali, Di Stefano mencetak gol sebanyak tujuh kali.

Di Stefano mencicipi liga trofi European Cup bersama Madrid secara beruntun di tahun 1955 hingga 1960.

Ronaldo saat ini sudah mencetak empat gol di final Liga Champions. Sedangkan Messi dua gol. Kedua pemain sama-sama sudah memenangkan trofi Liga Champions sebanyak empa kali.

Laszlo Kubala (kanan) bersama Alfredo Di Stefano [AFP]

2. Gol terbanyak Laszlo Kubala dalam satu pertandingan La Liga

Di ajang La Liga, Messi saat ini tercatat sebagai pemain tersubur dengan menorehkan 369 gol dari 403 penampilannya bersama Barcelona. Sedangkan Ronaldo mencetak 297 gol dari 284 laga bersama Madrid.

Meski sudah mencetak ratusan gol di kompetisi kasta tertinggi Negeri Matador, tidak satu pun diantara keduanya yang berhasil mematahkan rekor pemain Barcelona Laszlo Kubala. Yaitu sebagai pencetak gol terbanyak di La Liga dalam sebuah pertandingan.

Kubala menorehkan rekor tersebut dengan menceploskan tujuh gol kala Barcelona menghadapi Sporting Gijon di tahun 1952.

Gol terbanyak Messi dalam satu pertandingan La Liga adalah saat menghadapi Valencia di tahun 2012, yaitu mencetak empat gol. Sedangkan Ronaldo mencetak lima gol ke gawang Espanyol di tahun 2015.

Pencetak gol terbanyak Piala Dunia Miroslav Klose [AFP]

3. Pemain tersubur di ajang Piala Dunia

Merengkuh gelar Piala Dunia, hingga saat ini masih menjadi mimpi bagi Messi dan Ronaldo. Hingga saat ini, Messi belum sekalipun memenangkan gelar bersama tim nasional Argentina, kecuali medali emas di Olimpiade 2008. Sementara Ronaldo, yang tahun 2016 lalu mencicipi trofi pertamanya bersama Portugal di ajang Piala Eropa, juga belum pernah memenangkan Piala Dunia.

Soal jumlah gol, keduanya juga masih sangat jauh untuk bisa mematahkan rekor Miroslav Klose sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Bersama Jerman, Klose telah membukukan 16 gol. Sementara Messi dan Ronaldo, kedua pemain bintang tersebut baru mencetak lima dan tiga gol di turnamen terbesar sepak bola dunia tersebut.

4. Gol terbanyak dalam satu musim

Rekor pencetak gol terbanyak dalam satu musim masih menjadi milik Ferenc Deak. Deak mencetak 66 gol di musim 1945/46, bersama Szentlorinci AC di Liga Hungaria.

Bersama Real Madrid, gol terbanyak yang pernah ditorehkan Ronaldo dalam satu musim adalah 48 gol di La Liga 2014/15. Sedangkan Messi, menyumbang 50 gol bagi Barcelona di musim 2011/12.

Pemain legendaris Brasil Pele [AFP]

5. Hattrick terbanyak

Untuk urusan mencetak hattrick atau tiga gol dalam satu pertandingan, Messi dan Ronaldo seringkali melakukannya. Di La Liga, Ronaldo sudah membukukan 32 kali hattrick, angka yang menjadikannya sebagai pencetak hattrick terbanyak dalam sejarah Liga Spanyol. Sementara Messi baru 28 kali.

Di semua kompetisi, sepanjang kariernya Ronaldo tercatat telah membukukan 49 hattrick. Lebih banyak dari Messi yang baru menorehkan 44 hattrick di semua kompetisi bersama Barcelona.

Namun jumlah tersebut ternyata masih kalah jauh dari pemain legendaris Brasil, Pele. Sepanjang kariernya, Pele membukukan 92 kali hattrick. Rekor yang tampaknya masih sangat lama untuk bisa dipatahkan.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS