Pelatih Uruguay Ungkap Resep Singkirkan Portugal di 16 Besar

Rully Fauzi
Pelatih Uruguay Ungkap Resep Singkirkan Portugal di 16 Besar
Pelatih Timnas Uruguay, Oscar Tabarez (Miguel ROJO / AFP)

Uruguay melaju ke perempatfinal Piala Dunia 2018 usai menekuk Portugal dengan skor 2-1.

Suara.com - Timnas Uruguay berhasil melenggang ke perempatfinal Piala Dunia 2018 setelah menyingkirkan jawara Eropa Portugal. Pada laga babak 16 besar yang dihelat di Fisht Stadium, Sochi, Minggu (1/7/2018) dinihari WIB, La Celeste -julukan Uruguay- menang tipis 2-1 berkat brace Edinson Cavani.

Dari segi permainan, Uruguay sendiri bisa dibilang kalah jauh dari Portugal pada laga dini hari tadi. Penguasaan bola Luis Suarez dan kawan-kawan cuma 39%. La Celeste pun hanya meregister enam percobaan tembakan sepanjang laga -kalah jauh dari Portugal (20), dan hanya tiga diantaranya mengarah ke gawang. 

Menurut pelatih Uruguay, Oscar Tabarez, semangat juang dan dedikasi tinggi para pemainnya adalah kunci kemenangan atas Portugal.

"Ciri khas dari permainan adalah dedikasi dan semangat juang luar biasa yang diperlihatkan oleh para pemain di atas lapangan, dan begitulah cara kami memandang sepakbola," buka Tabarez seperti dimuat laman resmi FIFA.

"Itu sulit. Portugal lebih unggul dalam penguasaan bola dan sering berada di wilayah kami. Akan lebih baik bagi kami kalau lebih banyak memegang bola dan bermain lebih dekat dengan gawang mereka," sambungnya.

"Hari ini kami melakukan sebuah kesalahan yang berujung gol penyama. Tapi, kami punya tim yang sangat tangguh dalam hal pola pikir dan saya sangat gembira. Kami mungkin boleh kalah dari sisi teknis permainan, namun soal semangat juang dan determinasi, ceritanya berbeda!" celoteh pelatih gaek berusia 71 tahun itu.

Uruguay sendiri kembali akan dihadapkan dengan lawan berat di babak delapan besar nanti. La Celeste akan bertemu Prancis pada 6 Juli mendatang di Nizhny Novgorod Stadium. Prancis lebih dulu lolos setelah menekuk Argentina dengan skor 4-3 di laga 16 besar, Sabtu (30/6/2018) malam WIB.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS