Ini Alasan Timnas Indonesia Tak Gelar Uji Coba di Luar Negeri

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Ini Alasan Timnas Indonesia Tak Gelar Uji Coba di Luar Negeri
Tim sepak bola Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan sebelum bermain melawan tim sepak bola Laos pada penyisihan Grup A Asian Games 2018 Indonesia stadion Patriot Bekasi, Jumat (17/08). INASGOC/Ary Kristianto

Indonesia akan kembali beruji coba di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Suara.com - Menghadapi gelaran Piala AFF 2018, berbagai persiapan dilakukan tim nasional Indonesia, termasuk menggelar laga-laga uji coba.

Tercatat, Indonesia sudah menjalani dua uji coba menghadapi Mauritius dan Myanmar. Terdekat, tim Garuda akan berhadapan dengan Hong Kong. Seperti dua laga uji coba sebelumnya, duel kontra Hong Kong akan digelar di Indonesia.

Tak satu pun uji coba yang dilakukan timnas digelar di luar negeri. Sebagaimana diketahui, Piala AFF 2018 menggunakan format kandang tandang.

Menurut pelatih interim timnas Indonesia, Bima Sakti, uji coba tidak digelar di luar negeri bukan karena masalah biaya. Akan tetapi karena gelaran Liga 1 yang masih bergulir, di mana klub masih membutuhkan servis para pemainnya hingga liga berakhir pada 9 Desember mendatang.

"Sebenarnya kami lihat juga kompetisi yah, pemain juga sangat dibutuhkan klub. Persiapan kami juga sangat mepet, sehingga untuk away (tandang) butuh tenaga lagi, pemain juga main di klub kan," kata Bima di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (15/10/2018).

"Kalau main away pasti butuh persiapan dan recovery lagi. Jadi saya pikir mereka nanti akan kembali ke klub saja buat ikut kompetisi dan nanti diinformasikan kumpul kapan untuk TC (pemusatan latihan)," tambahnya.

Piala AFF 2018 akan digelar pada 8 November hingga 15 Desember. Di turnamen kali ini, Indonesia tergabung di Grup B bersama Thailand, Filipina, Singapura dan Timor Leste.

Berdasarkan jadwal timnas Indonesia akan melakoni laga away melawan Singapura pada 9 November di National Stadium, Kallang, dan menghadapi Thailand di Rajamangala Stadium pada 17 November.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS