UEA dan Qatar Enggan Remehkan Indonesia di Piala Asia U-19

Syaiful Rachman | Arief Apriadi
UEA dan Qatar Enggan Remehkan Indonesia di Piala Asia U-19
Konferensi pers Piala AFC U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (17/10/2018) [Suara.com/Arief Apriadi]

UEA dan Qatar akan berhadapan di laga pembuka Grup A.

Suara.com - Pelatih tim nasional Uni Emirat Arab (UEA) U-19 Batteli Ludovic dan pelatih timnas Qatar U-19 Bruno Pinheiro mengaku tak ingin meremehkan lawan-lawan yang akan dihadapi di Grupa A Piala Asian U-19 2018, termasuk timnas Indonesia U-19. Hal itu diungkapkan keduanya dalam jumpa pers yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (17/10/2018).

Seperti diketahui, empat tim menghuni Grup A Piala Asia U-19 2018. Empat tim tersebut adalah tuan rumah Indonesia, UEA, Qatar dan Taiwan. Semua pertandingan penyisihan Grup A akan digelar di SUGBK.

Di laga pembuka Grup A, Kamis (18/10/2018), Qatar akan berhadapan dengan UEA. Setelah itu, Indonesia akan mengawali kiprahnya kontra Taiwan.

Batteli Ludovic mengaku sudah menganalisis kekuatan dan kelemahan masing-masing lawan di grup A. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan, Ludovic menambahkan jika penghuni Grup A memiliki kekuatan setara.

"Berpikir bahwa salah satu tim bagus, dan yang lain tidak, itu bukan pola pikir yang benar. Saya menghormati semua tim, begitu pula para pemain saya harus menghormati setiap lawannya," ujar Batteli Ludovic dalam konferensi pers AFC U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Rabu (17/10/2018).

Menurut Batteli setiap tim memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga ada banyak cara juga untuk meraih kemenangan, termasuk saat menghadapi Qatar U-19 di laga perdana Grup A yang berlangsung besok, Kamis (18/10/2018).

"Persiapan kami tak cuma mengira-ngira. Karena itu bukan cara yang benar, sebab semua tim punya cara yang berbeda-beda jadi harus ada cara berbeda juga untuk mengatasi (perlawanan)," ujarnya.

Senada dengan Batteli, Pelatih Qatar U-19 Bruno Pinheiro menyampaikan hal yang sama. Pinheiro mengatakan tak ingin memandang rendah bakal lawannya di Grup A.

Setiap tim, menurut Pinheiro, akan berjuang mati-matian demi lolos grup. Baginya, yang terpenting adalah waspada dan bermain sebaik mungkin.

"Saya sudah amati dengan sebaik mungkin, semua aspek dari individu hingga aspek tim dan saya berpikir semua tim di grup ini kekuatannya sama. Saya tak mau spesifikiasi siapa yang paling kuat, saya pikir semua tim punya kesempatan yang sama (untuk menang," tukasnya.

Piala AFC U-19 2018 akan berlangsung dari 18 Oktober hingga 4 November 2018 di tiga kota berbeda yakni Jakarta (Stadion Utama Gelora Bung Karno), Bekasi (Stadion Patriot Chandrabhaga), dan Bogor (Stadion Pakansari).

16 Tim Nasional U-19 se-Asia akan berjibaku dalam turnamen yang juga menjadi ajang kualifikasi lolos ke Piala Dunia U-20 2019 yang akan berlangsung di Polandia pada 23 Mei hingga 15 Juni 2019 mendatang.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS