Gol Telat Ross Barkley Selamatkan Chelsea dari Keganasan MU

Syaiful Rachman
Pemain Chelsea Ross Barkley menjebol gawang MU yang dikawal David De Gea dalam laga yang berlangsung di Stamford Bridge, Sabtu (20/10/2018) [AFP]
Pemain Chelsea Ross Barkley menjebol gawang MU yang dikawal David De Gea dalam laga yang berlangsung di Stamford Bridge, Sabtu (20/10/2018) [AFP]

Chelsea nyaris menelan kekalahan pertamanya di Liga Inggris musim ini.

Suara.com - Chelsea nyaris saja gagal mengamankan tiga poin di laga kandang pekan ini. Menjamu Manchester United di Stamford Bridge, Sabtu (20/10/2018), The Blues harus puas bermain imbang 2-2.

Dalam laga itu, Chelsea unggul lebih dulu dalam laga tersebut lewat gol yang dicetak oleh Antonio Rudiger di menit 21. Akan tetapi dua gol Anthony Martial di babak kedua nyaris membuat The Blues gigit jari. Beruntung, Ross Barkley keluar sebagai penyelamat lewat gol telatnya di masa injuri.

Dengan tambahan satu poin, United yang kini mengantongi 14 poin beranjak ke posisi delapan. Sementara Chelsea mengkudeta Manchester City dari puncak klasemen sementara dengan koleksi 21 poin.

Jalannya Pertandingan

Tampil penuh percaya diri di depan ribuan pendukungnya di Stamford Bridge, Chelsea menampilkan permainan offensif saat menjamu Manchester United.

Peluit kick-off dibunyikan, Chelsea langsung melancarkan tekanan dengan mengandalkan pergerakan Willian di sisi kanan dan Marcos Alonso di kiri lapangan.

Peluang pertama didapat The Blues di menit ke-11 lewat set piece. Akan tetapi tendangan bebas yang dilepaskan Willian masih melambung tipis di atas mistar gawang MU yang dikawal David De Gea.

United yang tidak tinggal diam mencoba menebar ancaman. Memasuki menit 16, Romelu Lukaku mendapat peluang setelah mendapat sodoran bola dari Luke Shaw. Sayang pemain timnas Belgia itu gagal mengarahkan bola ke gawang. Tandukkannya melebar dari tiang gawang.

Memasuki menit 21 papan skor akhirnya berubah. Kelengahan pemain MU dalam mengawal Rudiger harus dibayar mahal setelah pemain asal Jerman itu dengan leluasa menanduk bola yang dilepaskan Willian dari penjuru lapangan. Chelsea memimpin 1-0.

Pemain Chelsea Antonio Rudiger menjebol gawang MU yang dikawal David De Gea dalam laga yang berlangsung di Stamford Bridge, Sabtu (20/10/2018) [AFP]
Pemain Chelsea Antonio Rudiger menjebol gawang MU yang dikawal David De Gea dalam laga yang berlangsung di Stamford Bridge, Sabtu (20/10/2018) [AFP]

Unggul satu gol, The Blues semakin gencar menggedor pertahanan Setan Merah. Beberapa peluang didapat, namun tak satupun yang berhasil dikonversi menjadi gol. Hingga turun minum, Chelsea memimpin satu gol.

Tekanan yang dilancarkan Chelsea di awal babak kedua nyaris mengubah papan skor. Menerima umpan terobosan dari Jorginho, Morata berhasil melewati Smalling dan melepaskan tembakan ke sudut gawang. Akan tetapi upaya tersebut tak cukup untuk menaklukkan De Gea yang dengan sigap membendung si kulit bundar.

Di menit 54 giliran MU yang mengancam lewat sepakan setengah voli Juan Mata. Beruntung bagi The Blues bola berhasil dimentahkan Kepa.

Akan tetapi keberuntungan tersebut tak berlangsung lama. Hanya berselang satu menit Anthony Martial menyeimbangkan papan skor menjadi 1-1.

Pemain MU Anthony Martial (kedua kiri) rayakang golnya ke gawang Chelsea dalam pertandingan di Stamford Bridge, Sabtu (20/10/2018) [AFP]
Pemain MU Anthony Martial (kedua kiri) rayakang golnya ke gawang Chelsea dalam pertandingan di Stamford Bridge, Sabtu (20/10/2018) [AFP]

Kondisi imbang membuat kedua tim semakin gencar bertukar serangan. Pogba nyaris mengubah skor bagi Setan Merah jika saja tendangan jarak jauhnya tidak melesat di atas mistar. Begitu pula dengan peluang emas yang didapat Kante di jantung pertahanan United. Papan skor mungkin saja berubah jika saja De Gea gagal membendung bola hasil sepakan pemain asal Prancis itu.

Di menit 73, keberuntungan kedua tim berubah. Manchester United berbalik unggul. Menyambut umpan Marcus Rashford, Martial kembali mencatatkan namanya di papan skor dan mengubah kedudukan menjadi 1-2.

Sayang, kemenangan yang sudah ada dalam genggaman Setan Merah lepas. Di menit 90+6, Ross Barkley yang masuk menggantikan Mateo Kovacic, menyelamatkan Chelsea dari kekalahan dengan memanfaatkan kemelut di depan gawang. Barkley menutup laga dengan skor 2-2.

Susunan Pemain:
Chelsea (4-3-3): Kepa; Azpilicueta, Luiz, Rudiger, Alonso; Jorginho, Kovacic, Kante; Willian, Morata, Hazard.
Cadangan: Caballero, Cahill, Zappacosta, Fabregas, Barkley, Pedro, Giroud.

Manchester United (4-3-3): De Gea; Young, Lindelof, Smalling, Shaw; Mata, Matic, Pogba; Rashford, Lukaku, Martial.
Cadangan: Romero, Bailly, Darmian, Pereira, Herrera, Fred, Sanchez.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS