PSG Hajar Liverpool di Parc des Princes, Grup C Makin Memanas

Rully Fauzi
PSG Hajar Liverpool di Parc des Princes, Grup C Makin Memanas
Penyerang Paris Saint-Germain, Neymar Jr (kanan) merayakan golnya ke gawang Liverpool bersama Kylian Mbappe dalam laga matchday 5 Grup C Liga Champions 2018/2019 di Parc des Princes, Kamis (29/11/2018) dini hari WIB. [FRANCK FIFE / AFP]

Laga seru tersaji di Paris.

Suara.com - Paris Saint-Germain (PSG) sukses menundukkan tamunya, Liverpool dengan skor 2-1 dalam laga matchday 5 Grup C Liga Champions 2018/2019 di Parc des Princes, Kamis (29/11/2018) dini hari WIB. Perebutan tiket menuju babak 16 besar dari grup ini pun kian memanas.

Di Paris, PSG memang tampil lebih efisien. Tim tuan rumah meregister percobaan tembakan maupun shots on target lebih banyak, sementara Liverpool unggul dalam penguasaan bola meski tampil di kandang lawan.

PSG membuka keunggulan saat fullback Juan Bernat merangsek ke kotak penalti Liverpool dan mencetak gol di menit 13.

Neymar Jr kemudian menambah keunggulan PSG di menit 37, setelah sebelumnya Kylian Mbappe melakukan drive di sisi kanan pertahanan Liverpool.

Liverpool sempat membuka asa setelah James Milner mencetak gol di penghujung babak pertama lewat titik putih. Namun, skor 2-1 tetap bertahan pada babak kedua sampai akhirnya wasit meniup peluit panjang.

Dengan kemenangan ini, PSG naik ke peringkat kedua klasemen sementara Grup C dengan 8 poin dari lima laga. Sementara itu, Liverpool turun ke peringkat ketiga dengan 6 poin dari lima pertandingan.

Posisi puncak sendiri masih ditempati Napoli (9 poin), yang di saat bersamaan berhasil melibas tim peringkat buncit, Red Star Belgrade (4 poin) di Naples dengan skor 3-1.

Sampai matchday 5 rampung, memang belum ada tim dari Grup C yang berhasil mengamankan tiket ke babak 16 besar. Napoli, PSG dan Liverpool masih sama-sama punya peluang untuk melenggang.

Di matchday pamungkas dua pekan mendatang, Liverpool akan menjalani partai hidup mati kontra Napoli di Anfield. Sementara itu, PSG akan melakoni perjalanan ke Serbia untuk menantang Red Star.

Jalannya Pertandingan

PSG langsung coba menekan Liverpool sejak awal laga. Trio maut Neymar, Edinson Cavani dan Mbappe, yang juga disokong Angel Di Maria, jadi andalan utama tim tuan rumah untuk mendobrak pertahanan Liverpool yang dikomandoi Virgil van Dijk.

Menit ketujuh, sepakan voli Di Maria mengarah ke gawang Liverpool. Namun percobaan pemain internasional Argentina itu masih bisa dihalau kiper Liverpool, Alisson Becker.

PSG kemudian membuka skor di menit 13. Tusukan Mbappe coba disapu van Dijk, namun bola mengarah ke Bernat yang kemudian melepaskan tembakan mendatar dengan kaki kanannya. Bola bergulir pelan ke sisi kiri bawah gawang, namun Alisson praktis tak bisa berbuat banyak untuk mencegah terjadinya gol ini.

Setelah ketinggalan 0-1, Liverpool mulai mengusai ball posession dan coba menekan pertahanan lawan. Sepakan mendatar dilepaskan Mohamed Salah pada menit 23, tapi bola masih melebar.

PSG kemudian gantian mengancam pada menit 31 lewat sebuah counter-attack. Crossing mendatar Mbappe mengarah ke Cavani di depan gawang, tapi Alisson berhasil memotongnya dengan baik.

Bola lantas disambut Neymar, yang kemudian coba melakukan chip untuk mengelabui Alisson. Namun, sepakan Neymar tersebut tidak sempurna, dan Alisson pun masih bisa mengamankan gawangnya. 

PSG kemudian menambah keunggulan pada menit 37, kembali dari serangan cepat yang diarsiteki Mbappe. Neymar meloloskan Mbappe yang menusuk di sisi kiri, yang kemudian melepaskan umpan silang mendatar.

Bola coba dicocor Cavani, tapi Alisson berhasil melakukan penyelamatan gemilang. Sayang, bola liar mengarah ke Neymar, yang dengan tenang melesakkannya ke arah pojok kanan bawah gawang. PSG unggul 2-0!

Liverpool membuka asa setelah mendapatkan penalti pada menit pamungkas waktu normal. Sadio Mane ditekel Di Maria di kotak terlarang. Milner yang maju sebagai eksekutor pun dengan dingin menaklukkan kiper PSG, Gianluigi Buffon. Skor 2-1 menutup jalannya babak pertama.

Memasuki babak kedua, PSG kembali langsung tancap gas. Menit 48, umpan tendangan bebas Di Maria jatuh di tengah kotak penalti dan disonter Marquinhos ke dalam gawang Liverpool. Sayag, hakim garis mengangkat bendera tanda offside, gol pun dianulir.

Liverpool balik mengancam pada menit 60. Fullback Andy Robertson mengirim sebuah crossing ke Roberto Firmino. Sang striker kemudian menyambutnya, namun sayang tandukannya masih melebar dari sasaran.

PSG punya kans besar untuk memperlebar keunggulan mereka pada menit 70. Umpan sepak pojok Neymar disambar Marquinhos di tengah kotak penalti, namun Alisson dengan cekatan berhasil menepis bola. Good save!

PSG kemudian mengklaim penalti pada menit 81, saat van Dijk melancarkan tekel pada Neymar. Namun wasit tak bergeming, sang pengadil tak melihatnya sebagai sebuah pelanggaran.

PSG kembali mengancam, kali ini via tendangan bebas di tepi kotak penalti Liverpool. Neymar melepaskan tembakan langsung, namun Alisson kembali membuat save untuk menepis bola ke luar lapangan.

Sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tak ada lagi gol yang tercipta.

Susunan Pemain

PSG XI: Gianluigi Buffon; Marquinhos, Thiago Silva, Presnel Kimpembe; Thilo Kehrer, Marco Verratti, Angel Di Maria/Dani Alves, Juan Bernat; Kylian Mbappe/Adrien Rabiot, Neymar Jr, Edinson Cavani/Choupo-Moting.

Liverpool XI: Alisson; Joe Gomez, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; James Milner/Xherdan Shaqiri, Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum/Naby Keita; Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino/Daniel Sturridge.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS