Status Juara AFF, Indra Sjafri Gagal Untuk Kedua Kali di Ajang Asia

Suwarjono
Status Juara AFF, Indra Sjafri  Gagal Untuk Kedua Kali di Ajang Asia
Pelatih timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri usai memimpin latihan di Stadion Madya, Senayan. [Suara.com/Adie Prasetyo]

Juara AFF 2018, timnas Indonesia dihajar Thailand 4-0 dan ditekuk Vietnam 1-0. Pupus sudah asa menuju Piala Asia 2020.

Suara.com - Harapan Timnas Indonesia U-23 untuk lolos kualifikasi grup K Piala Asia 2020 kandas. Pada pertandingan kedua, Garuda Muda ditekuk Vietnam. Kegagalan ini sekaligus menorehkan catatan pelatih Indra Sjafri, dua kali gagal membawa Timnas Indonesia ke level Asia.

Timnas Indonesia U-23 datang ke Vietnam dengan status sebagai juara Piala AFF U-22 usai menundukkan Thailand di partai final yang berlangsung di Kamboja. Sayangnya, kekalahan itu dibalas begitu menyakitkan ketika kedua tim bersua kembali di laga perdana penyisihan Grup K Kualifikasi Piala Asia 2020.

Di laga perdana itu, Thailand menggilas skuat Garuda Muda dengan skor 4-0. Egy dkk pun dibuat tak berkutik.

Di partai kedua, menghadapi tuan rumah, Indra Sjafri sempat mengutarakan optimismenya. Ia bahkan sudah menyiapkan skema berbeda untuk mengalahkan kembali skuat berjuluk the golden star itu.

Namun, bermain di hadapan publik sendiri, Vietnam tampil dominan sepanjang laga. Para penyerang skuat Garuda Muda dibuat kesulitan menembus pertahanan Vietnam.

Yang paling menyakitkan, di masa injury time, Vietnam berhasil merobek jala Timnas Indonesia U-23 yang dikawal Awan Setho Raharjo. Keunggulan 1-0 itupun bertahan hingga usai dan memastikan Timnas Indonesia U-23 gagal melaju ke babak berikutnya karena tak mungkin mengejar perolehan poin Thailand dan Vietnam.

Kegagalan ini seperti dejavu. Yap, lima tahun lalu Indra Sjafri juga pernah membawa anak asuhnya ke ajang Piala Asia. Kala itu Timnas Indonesia U-19 yang dimotori Evan Dimas Cs bahkan sudah masuk ke putaran final Piala Asia tergabung di Grup B bersama Uzbekistan dan Australia.

Nyaris serupa dengan timnas yang sekarang, kala itu Evan Dimas Cs berangkat menghadapi Piala Asia yang berlangsung di Yangon, Myanmar dengan status juara Piala AFF U-19.

Sayangnya, dengan persiapan yang kurang tepat dan matang, skuat berjuluk Garuda Jaya itu tak berkutik menghadapi Uzbekistan dan Australia. Melawan Uzbekistan, Timnas Indonesia saat itu takluk 3-1 kemudian berhadapan dengan Australia mereka kalah 0-1. (bolatimes.com/Galih Priatmojo)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS