Banuelos Beberkan Alasan Ubah Posisi Riko Simanjuntak

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Banuelos Beberkan Alasan Ubah Posisi Riko Simanjuntak
Winger Persija Jakarta, Riko Simanjuntak. [Antara/Akbar Nugroho Gumay]

Persija hanya mampu membawa pulang satu poin dari markas Persela Lamongan.

Suara.com - Ada yang berbeda dalam pertandingan Persija Jakarta kontra Persela Lamongan di ajang Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Surajaya, Lamongan, Sabtu (22/6/2019). Pada laga tersebut, Pelatih Persija Julio Banuelos menempatkan Riko Simanjuntak di posisi yang berbeda.

Di laga yang berakhir imbang 0-0 itu, Riko bermain di posisi gelandang serang, di mana tempat tersebut biasa diisi oleh Bruno Matos. Banuelos sengaja menempatkan Riko di posisi tersebut lantaran Bruno Matos absen karena cedera.

Eks pemain Semen Padang itu tidak maksimal di posisi tersebut, karena tidak bisa mengandalkan kecepatan seperti biasanya. Sementara tempat asli Riko diisi oleh pemain muda Feby Eka Putra.

Banuelos melihat Riko memiliki kemampuan untuk bermain sebagai playmaker. Oleh sebab itu, juru taktik asal Spanyol tersebut berani memainkan Riko sebagai gelandang serang.

"Saya anggap Riko adalah pemain yang sangat lengkap, dia bisa bermain di luar (sayap) dan di dalam (gelandang). Saya selalu melihat Riko bermain dengan bagus di manapun dia bermain," kata Julio Banuelos di lapangan PS AU, Halim Perdanakusuma, Senin (24/6/2019).

Pemain Persija Jakarta Riko Simanjuntak ditemui usai latihan [Suara.com/Adie Prasetyo]
Pemain Persija Jakarta Riko Simanjuntak ditemui usai latihan [Suara.com/Adie Prasetyo]

Ditemui terpisah, Riko mengakui mengalami kesulitan bermain sebagai gelandang, sebelum akhirnya dikembalikan bermain di sayap oleh Banuelos, menyusul masuknya Fitra Ridwan menggantikan Feby Eka Putra.

"Saya rasa kalau kesulitan pasti ada yah. Apalagi saya terbiasa di posisi sayap. Tapi, seperti yang saya bilang, kalau untuk bantu tim maksimalkan saja," ujar Riko.

"Di pertandingan kemarin, saya dibutuhkan di posisi itu dan Riko harus siap karena tidak ada pilihan. Karena di timnas kemarin juga sering masuk ke dalam, jadi itu bisa main ditengah," ungkapnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS